Satu Keluarga Hilang Saat Melaut


Sabtu, 24 September 2016 - 02:54:14 WIB
Satu Keluarga Hilang Saat Melaut LANAL Tanjungbalai Karimun mencari korban yang tenggelam, akibat kapalnya dihantam badai, Rabu (21/9) malam.

KARIMUN, HALUAN — Ne­layan asal Meral, Suhardi alias Acai Belang (50) dan dua anaknya, Acong (15) dan Cakang (12) dikabarkan hilang saat kapal mereka dihantam badai di perairan antara Pulau Pisang dan Takong Hiu, Karimun, Rabu (21/9) malam.

Acong berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di sekitar perairan Takong Hiu, Kamis (22/9) siang, Adi, nelayan Meral. Kemudian langsung dievakuasi ke RSUD Karimun. Saat ditemukan, tubuh Acong sangat lemas. Dia harus dibimbing nelayan dan tim penyelamat menuju ke ruang IGD RSUD Karimun. Setelah men­dapatkan perawatan intensif, dia akhirnya dipindahkan ke ruang perawatan. Saat ini, korban berada di kamar 417 RSUD Karimun.

Korban masih sulit untuk dia­jak bicara, karena kondisinya masih sangat lemah. Setelah mulai membaik, dia mulai bicara pelan-pelan. Hanya saja, bahasa yang digunakan nelayan itu sulit dime­ngerti.

“Kalau tubuh Acong masih lemah dan matanya terasa perih,” kata David, salah seorang keluar­ganya, kemarin.

Dikatakan David, selama ini keluarga itu tinggal diatas kapal dan juga menangkap ikan. Acai Belang lebih memilih tinggal di kapal setelah bercerai dengan istrinya. Apalagi, mereka tidak memiliki rumah sebagai tempat tinggal. Namun, sekarang kapal itu hilang dihantam gelombang ber­sama dua penghuninya.

“Mereka bertiga memang ting­gal diatas kapal itu. Setiap hari kerja, mereka hanya melaut. Mere­ka memang tidak punya rumah untuk tempat tinggal. Satu-satunya yang mereka miliki hanyalah kapal itu. Sekarang kapal itu tak tahu di mana. Kami berharap, agar Acai Belang dan anaknya bisa dite­mukan selamat,” ujarnya.

Informasi kapal nelayan di Karimun itu dihantam gelombang sudah sampai di Lanal Tan­jung­balai, Karimun, sekitar pukul 23.00 WIB. Danlanal langsung memerintahkan anak buahnya bersama Tim Basarnas Tanjung­balai Karimun untuk menyusuri perairan sekitar Pulau Karimun Anak dan Takong Hiu.

Dikatakan Danlanal Tan­jung­balai Karimun Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung, saat penca­rian kondisi angin dan gelombang sangat kuat, maka tim memutuskan untuk kembali ke darat. Kemudian sekitar pukul 06.00 WIB, penca­rian kembali dilakukan dengan tim gabungan antara Basarnas dan Polair. Namun, pencarian itu akhirnya tetap tidak membuahkan hasil. Korban masih belum dite­mukan.

Hingga siang (Kamis,red), salah satu korban, Acong akhirnya ditemukan oleh Adi, nelayan Meral yang tengah melaut. Acong dite­mukan sedang mengapung di tengah laut menggunakan jerigen minyak yang kosong. Adi kemu­dian mengangkat Acong ke atas kapalnya dan menghubungi tim penyelamat hingga membawa Acong ke RSUD.

Ketua Kelompok Nelayan Per­pat Sunsang, Abun Chun yang juga Ketua RT 01, RW 01 ketika dihubungi mengatakan, Suhardi merupakan warganya. Namun, dia bukan masuk dalam kelompok nelayan di bawah naungannya.

“Kami masih berada di laut untuk mencari korban. Saya seka­rang berada di sekitar Pulau Asam, persis di depan PT KG. Kami juga terus kontak-kontakan dengan nelayan lain yang berada di tengah laut,” terang Abun. (h/hk)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Februari 2020 - 17:50:09 WIB

    Cap Go Meh 2020, Ajang Memadukan Budaya dalam Satu Gelaran Seni

    Cap Go Meh 2020, Ajang Memadukan Budaya dalam Satu Gelaran Seni PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat keturunan Tionghoa dari berbagai perkumpulan yang ada di kawasan Pondok, Padang, tahun ini kembali menggelar perhelatan akbar Festival Cap Go Meh. Berbagai kegiatan mulai pertunjukan sen.
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:20:42 WIB

    Satu Nelayan Ditemukan Tewas

    KARIMUN, HALUAN — Cekang (12), satu dari dua orang nelayan Meral yang hilang di perairan antara Pulau Pisang dan Takong Hiu, Rabu (21/9) lalu, akhirnya ditemukan tewas mengapung di perairan Takong Belanda, Minggu (25/9) pag.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:01:44 WIB

    Mendagri Sudah Kantongi Satu Nama Sekda Definitif

    Mendagri Sudah Kantongi Satu Nama Sekda Definitif PEKANBARU, Haluan — Menteri Dalam Negeri (Men­dagri), Tjahjo Kumolo me­nyebutkan sudah ada satu nama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau definitif yang terpilih dari tiga usulan nama sebelumnya yakni Ahmad Hija­z.
  • Senin, 16 Mei 2016 - 05:05:46 WIB
    Musda IV IKMR Dumai

    Harus Bersatu Padu Bangun Dumai

    DUMAI, HALUAN—Wakil Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau, Jon Erizal, yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, secara resmi membuka Musyawarah Daerah IV IKMR Dumai, Minggu (15/5) di Hotel Comfort Dumai..
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 02:43:20 WIB
    Polresta Grebek Rumah Mewah

    Satu Ton Minyak Bersubsidi Ditimbun

    PEKANBARU, HALUAN — Satuan Reserse Kriminal Mapolresta Pekanbaru, Senin (04/01) sekitar pukul 20.00 wib, menggrebek puluhanribu atau sekitar 1 ton minyak tanah dan bensin yang diduga dibeking oleh oknum polisi berinisial M .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]