Ekonomi Kreatif Roh Geliat Pariwisata Sumbar


Sabtu, 24 September 2016 - 02:56:26 WIB

PADANG, HALUAN — Plt Kepala Dinas Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Didit P Santoso mengatakan, ekonomi kreatif menj­adi roh pembangunan dan geliat pariwisata di Sumbar.

Hal itu dika­takannya karena banyaknya karya dan produksi yang sudah dikenal baik pada tingkat nasional dan inter­nasional.

Didit menuturkan, selama ini ekonomi kreatif hanya dipandang sebagai penunjang pertumbuhan dan pergerakan pariwisata di Sumbar. Padahal, dunia ekonomi kreatif menjadi ujung tombak bagi pengenalan dan pertumbuhan ekonomi serta pariwisata masyarakat Sumbar.

“Selama ini, kebanyakan dari kita beranggapan bahwa kontribusi terbesar untuk dunia pariwisata hanya berasal dari budaya dan alam. Padahal, ekonomi kreatif sangat ber­pengaruh dalam pe­ngem­ba­ngan pariwisata. Jadi, cara pandang kita saat ini harus diubah. Kita bersama-sama bergerak dalam me­mak­si­mal­kan potensi ekonomi kreatif yang ada di kabupaten kota, baik itu bidang karya seni, kuliner khas daerah, maupun hasil kerajinan tangan),” ujar Didit saat membuka acara Gelar Karya Kreatif Media Desain dan IPTEK, di Hotel Kyriad Bumiminang, Padang, Jumat (23/9). Gelar karya kreatif itu diisi oleh sejumlah karya seni, di antaranya pe­ragaan busana muslim karya Doni Rahman, pertunjukan musik akustik Mariani Band, pertunjukan Robot Tari Piring dari Politeknik Negeri Padang, dan pameran sejumlah karya kreatif lainnya.

Ia menjelaskan, gelar karya kreatif itu meurpakan wadah bagi anak nagari, kominitas kreatif semua bidang untuk bisa mengekspresikan dirinya de­ngan hasil karya karena Sum­bar kaya dengan sumber daya kreatif yang mesti di­kem­bangkan. Gelar karya krea­tif tersebut ialah puncak bagi penampilan atau pameran eko­nomi kreatif dengan tetap mengharapkan peran dari pela­ku ekonomi kreatif yang ada atau komunitas-komunitas kreatif di Sumbar.

“Untuk itu, kami akan meng­gandeng teman-teman dari eko­nomi kreatif guna pe­ngem­bangan pariwisata di Sumbar, misalnya dengan melakukan hal yang sederhana, seperti penca­bangan ilmu oleh kreator-kreator muda yang akan tumbuh di Sumbar,” tutur Didit.

Pihaknya juga akan men­dorong komunitas-komunitas kreatif di sumbar dan akan mendorong munculnya suana kondusif untuk menciptakan komunitas kreatif ini. Dengan demikian, bibit-bibit itu akan disemai di lahan yang membuat mereka tumbuh dan ber­kem­bang dengan baik.

“Hal ini yang akan kami coba komunikasikan. Semua hal yang menghambat krea­tivitas ini yang akan kami coba atasi dan bantu,” ucapnya.

Didit juga berharap akan ada koordinasi yang ber­kelan­jutan dengan Dinas Koperasi dan UMKM untuk menye­laraskan tujuan guna me­ngembangkan pariwisata Sum­bar dengan menggandeng ekonomi kreratif di provinsi itu. (h/rin) 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]