Hari Ini, Empat Pesilat Sumbar Berlaga di Final


Sabtu, 24 September 2016 - 03:05:07 WIB
Hari Ini, Empat Pesilat Sumbar Berlaga di Final

BANDUNG, HALUAN — Empat pesilat Sumatera Barat (Sumbar) akan berlaga di babak final nomor laga pencak silat di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX, Bandung, Jawa Barat.

Babak final sendiri akan digelar hari ini, Sabtu (24/9) di Graha Satria Laga ITB, Jatinangor. Empat pesilat Sumbar yang lolos ke babak final adalah Cory Mitha Kurnia, Suci Wulandari, Sharipal Efendi dan Anton Yuspermana.

Dibabak semifinal yang digelar, Jumat (23/9) Cory Mitha Kurnia yang turun di kelas laga A putri me­nga­lahkan pesilat dari Sumatera Utara (Sumut) dengan skor 5-0 dan dibabak final akan menghadapi pesilat dari Jawa Tengah (Jateng).

Suci Wulandari, dibabak semifinal kelas laga B putri berhasil mengalahkan pe­silat dari Sumatera Utara (Sumut) dengan skor 5-0 dan di­babak final akan meng­hadapi pesilat dari Jawa Barat (Jabar). Sharipal Efendi di­babak semifinal kelas laga B putra mengalahkan pesilat dari Yogyakarta dengan skor 5-0, dibabak final akan menghadapi pesilat dari DKI Jakarta.

Anton Yuspermana di kelas laga H putra berhasil lolos ke babak final, tanpa ber­tanding dibabak se­mi­final. Hal ini dikarenakan pesilat dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang menjadi la­wannya mengalami cidera.

Dibabak semifinal, Sum­bar menurunkan enam pe­silat, namun dua orang lagi me­ngalami kekalahan, yaitu Rangga di kelas laga C putra kalah dari pesilat Jawa Te­ngah dengan skor 0-5 dan Khalil Ahmad di kelas D putra kalah dari pesilat Jawa Barat dengan skor 0-5. Meski kalah, dua pesilat tersebut tetap mendapatkan medali perunggu.

Pelatih pencak silat Sum­bar, Zalmi mengaku sangat bersyukur dengan lolosnya empat pesilat Sumbar ke final. “Anak-anak sudah menun­ju­kan pe­nampilan terbaiknya, sehingga bisa lolos ke babak final. Kami sangat men­syukuri lolosnya em­pat pesilat Sum­bar ke final,” ujar Zalmi, Jumat (23/9).

Menurut Zalmi, peluang empat pesilat Sumbar untuk meraih medali emas masih 50-50. “Untuk meraih keme­nangan di partai final ini tergantung kesiapan dari pe­silat. Jika mereka siap, besar peluangnya untuk meraih medali emas. Untuk itu, kami meminta para pesilat untuk menampilkan permainan ter­baiknya di babak final nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Zalmi sangat mewaspadai para pesilat dari tuan rumah, sebab ada dua pesilat Sum­bar yang akan menghadapi pesilat tuan rumah. “Kalau tidak menang mutlak, akan sangat sulit untuk meraih kemenangan. Sebab, per­saingan dengan tuan rumah agak sulit,” te­rangnya.

Untuk target di PON sen­diri, cabang pencak silat menargetkan untuk meraih dua medali emas. “Anak-anak ingin meraih ke­me­nangan. Untuk itu, kami meminta doa dan dukungan dari ma­syarakat Sumbar, agar para pesilat yang tampil di partai final bisa meraih kemenangan dan men­dapat­kan medali emas,” tuturnya. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]