TIPELOGI DIMINTA SESUAI BEBAN KERJA

Ranperda OPD Rampung Oktober


Sabtu, 24 September 2016 - 03:06:06 WIB

PADANG, HALUAN — Pembahasan Ranperda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera dirampungkan DPRD Sumbar. Direncanakan awal Oktober ranperda telah disetujui ditetapkan menjadi Perda.

Sekretaris Panitia Khusus pembahasan Ranperda OPD, Komi Chaniago menuturkan, pembahasan Ranperda OPD te­lah melalui beberapa tahapan. Di antaranya konsultasi ke pusat serta studi banding ke beberapa daerah. Senin men­datang (26/9) pembahasan di tingkat internal DPRD akan dimulai. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan den­gan pemerintah daerah.

“Setelah pembahasan de­ngan pemerintah daerah kita akan konsultasi akhir ke Ke­me­n­terian Dalam Negeri (Ke­men­dagri). Usai konsultasi akhir, paripurna penetapan Ranperda sebagai Perda akan dilakukukan,” papar Komi kepada Haluan, Kamis (23/9) di gedung DPRD Sumbar.

Ia menambahkan, ketika konsultasi di Kemendagri, sejumlah masukan telah di­terima. Di antaranya Sumbar di­minta menetapkan tipelogi sesuai beban kerja. “Jika be­ban kerja yang ada masuk ka­tegori berat, perangkat daerah yang ada diminta ditetapkan dengan tipe A. Sementara untuk perangkat dengan be­ban kerja sedang diarahkan ke tipe B,” papar Komi.

Selain tipe, hal lain yang diminta jadi perhatian adalah masalah efisiensi anggaran. Perangkat daerah yang tidak terlalu dibutuhkan disarankan untuk dihilangkan.

Anggota Pansus pembaha­san Ranperda OPD Darman Sahladi mengatakan, karena masih berlangsung, hasil ke­seluruhan pembahasan Ran­perda belum bisa di­sam­pai­kan. Namun, secara garis besar Ranperda OPD yang segera ditetapkan akan me­ngarah pada efesiensi pe­rang­kat dae­rah sesuai kebutuhan.

“Semangat dari ranperda OPD ini adalah efektif, efesien dan produktivitas. Dalam perda ini nanti Aparatur Sipil Negara (ASN) akan diarahkan untuk lebih produktif,” tu­kasnya.

Sementara itu, Ketua Pan­sus pembahasan Ranperda OPD Aristo munandar me­nyebut, direncanakan pada 4 Oktober mendatang ranperda OPD telah disetujui fraksi-fraksi untuk ditetapkan jadi Perda.

Terkait hal ini, pada Ran­per­da OPD yang disampaikan pemerintah provinsi dis­e­but­kan, perangkat daerah yang se­mula 41 dirampingkan men­jadi 37 perangkat. Sebanyak 46 jabatan struktural yang ada di lingkungan Pemprov juga akan dihilangkan. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 23:45:20 WIB

    Tahun Ini, DPRD Solsel Bahas 12 Ranperda

    Tahun Ini, DPRD Solsel Bahas 12 Ranperda SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Solok Selatan (Solsel) dorong pemerintah daerah membahas 12 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di massa sidang tahun 2020. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda saat Mus.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]