BELUM LENGKAPI PERSYARATAN

KPU Mentawai Tolak Dua Balon


Sabtu, 24 September 2016 - 03:06:48 WIB

PADANG, HALUAN — Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Ka­bupaten Kepulauan Men­tawai menolak pendaftaran dua orang Bakal Calon (Ba­lon) kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 15 Fe­bru­ari 2017 mendatang. Peno­lakan tersebut karena dua orang calon tidak me­menuhi syarat.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai  Lau­ren­sius Sarogdok mengatakan, hari terakhir pendafataran ada dua orang calon yakni, Rijel Samaloisa sebagai calon Bu­pati berpasangan dengan Bin­sar Seleleu sebagai calon Wa­kil Bupati, dan pasangan Yu­das Sabaggalet sebagai calon Bupati sedangkan Kor­tanius Sabeleake sebagai calon Wa­kil Bupati.

“Namun dua pasang balon ini terpaksa kami tolak karena persyaratannya kurang, ma­ka­nya kami meminta untuk me­leng­kapinya,” ungkapnya, Jumat (23/9).

Pendafataran pertama oleh pasangan Rijel Samaloisa- Binsar Seleleu pada pukul 11.09 WIB, sementara pa­sangan Yudas Sabaggalet- Kortanius Sabeleake men­datangi kantor KPU pada pukul 15.30 WIB. Namun persyaratan kedua calon tidak lengkap, dan pihaknya me­minta hingga pukul 00.00 WIB untuk menyerahkan ber­kas tersebut.

“kedua Paslon ini datang hanya dengan membawa per­syaratan yang asli, dan tidak ada fotocopynya maupun soft­copynya. Sementara dalam atu­rannya, mereka harus mem­bawa tiga rangkap tersebut ,” ulasnya.

Ia mengatakan, jika me­mang kedua Paslon tidak mengantarkan persyaratan yang diminta hingga waktu yang ditentukan, maka se­ba­gaimana aturan yang ada pro­ses pendaftaran akan diper­pan­jang selama tiga hari ke de­pan­nya. Diketahui, pasangan Yudas sebelumnya hanya di­du­kung oleh Nasdem, Golkar, Gerindra, PDIP, dan ada empat partai yang baru bergabung diantaranya PAN, PBB, PKS dan Perindo, sementara pa­sangan Rijel hanya didukung oleh dua partai yakni Hanura dan Demokrat.

Diberitakan sebelumnya, dari hari pertama Rabu (21/9) hingga hari kedua Kamis (22/9) pendaftaran calon bupati dan wakil masih sepi peminat. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]