MANTAPKAN PERSIAPAN GURU HADAPI MEA

Mendikbud Hadiri Seminar Keguruan FKIP UBH


Sabtu, 24 September 2016 - 03:10:34 WIB
Mendikbud Hadiri Seminar Keguruan FKIP UBH Men­­teri Pendidikan dan Ke­budayaan RI, Prof Dr Mu­hadjir Effendy, MAP

PADANG, HALUAN—Menghadapi Ma­syarakat Ekonomi ASEAN (MEA), hari ini (24/9) di Hotel Mercure, Padang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar seminar Nasional  Pen­didikan agar dapat memberikan kontribusi terkait dengan ketersediaan dan kesiapan sumberdaya manusia berkualitas terutama guru.

Wirnita Eska sebagai ke­tua pelaksana, Jumat (23/9) mengatakan,  kegiatan ini dihadiri sebanyak 300 peserta yang berasal dari Medan, Lampung, Sulawesi, Aceh, Sidempuan dan Padang. Ter­diri dari unsur dosen, guru, mahasiswa dan umum.

“Sebagai pemateri nan­tinya kami mengundang Men­­teri Pendidikan dan Ke­budayaan RI, Prof Dr Mu­hadjir Effendy, MAP, “ ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Kegu­ruan dan Pendidikan Drs Khairul, M Sc, pihaknya berharap kegiatan ini hen­daknya berjalan dengan suk­ses dan akan terus berlanjut ke depannya.

Ia mengatakan, meng­hadapi MEA ini, Sumber Daya Manusia (SDM) harus disiapkan, terutama kualitas siswa yang baik melalui guru yang baik untuk masa men­datang. Untuk terbentuknya SDM siswa secara baik maka semua diawali dari guru, karena yang melakukan per­baikan di sekolah adalah guru dan kepala sekolah.

“Sehingga guru diha­rapkan jangan sekedar duduk berpangku tangan namun harus berpikir bahwa ke depan persaingan semakin ketat. Oleh karena itu potensi yang ada pada guru harus dikembangkan jangan pernah puas dengan ilmu yang di­miliki sekarang, tetapi terus belajar dan terus kembangkan kompetensi demi untuk masa depan anak didik di sekolah,” ucapnya.

Apalagi, tambah Khairul, lembaga pendidikan meru­pakan garda terdepan dalam dunia pendidikan. Hendaknya pemerintah Indonesia mema­jukan bidang pendidikan agar para lulusan lembaga pen­didikan yang ada di Indonesia dapat bersaing dengan ma­syarakat Asean lainnya.

“Sudah sama-sama kita ketahui di akhir tahun 2015, MEA sudah diberlakukan oleh pemerintah, sehingga lebih banyak tenaga kerja asing. Mereka saling ber­kompetisi merebut lapangan kerja. Untuk itu sangat dibu­tuhkan komunikasi berbahasa Inggris sebagai bahasa Inter­nasional. Ini perlu menjadi perhatian bersama,” tambah Khairul. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 September 2016 - 01:52:37 WIB

    Mendikbud: Terjadi Kesenjangan di Bidang Pendidikan

    Mendikbud: Terjadi Kesenjangan di Bidang Pendidikan PADANG, HALUAN—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berkunjung ke Sumatera Barat, Sabtu (24/9). Kunjungan ini dalam rangka mem­berikan kuliah umum pada Seminar Nasional Pendidikan (Semdik) Fakulta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]