Parkir Meter Kurang Sosialisasi


Sabtu, 24 September 2016 - 03:16:59 WIB

PADANG, HALUAN— Wakil Wa­likota Padang, Emzalmi melihat parkir meter yang telah diresmikan sejak 1 September 2016 kemarin masih ku­rang sosialisasi dari Dinas Perhubu­ngan, Komunikasi dan Informasi. Padahal pengelolaan parkir melalui parkir meter salah satu gerbang menjadi Kota Padang sebagai Smart City.

“Ya memang parkir meter belum berj­alan maksimal seperti yang diha­rapkan. Dari peresmian hingga se­karang sudah hampir satu bulan, tapi belum mem­perlihatkan hasil se­dikitpun. Saya akui, Dishub belum aktif mensosialisasikan dan mencari solusi atas persoalan yang terjadi di lapangan,” kata Emzalmi kepada war­tawan di ruang kerjanya, Jumat (23/9).

Di samping itu, Emzalmi menga­takan parkir meter juga masih asing bagi warga Kota Padang yang sebe­lumnya terbiasa dengan sistem parkir manual. Sistem pembayaran yang berubah dari uang tunai menjadi kartu ini yang membuat ma­syarakat masih kebingungan.

“Ini persoalan kebiasaan juga. Ada perubahan yang drastis dalam penge­lolaan perparkiran di tiga titik ruas jalan. Ma­syarakat belum terbiasa membayar parkir dengan kartu. Nanti masyarakat juga akan terbiasa,” kata Emzalmi lagi.

Kepala Cabang PT MATA Kota Padang, Hardian menyebutkan wa­lau­pun sudah berjalan, parkir meter belum bisa dilak­sanakan secara maksimal karena ada beberapa ok­num juru parkir lama yang mengan­cam keberadaan juru parkir resmi dari PT MATA. Persoalan keamanan ini yang sedikit sensitif karena mediasi dengan juru parkir lama belum men­capai titik temu.

“Parkir meter sudah berjalan dengan sistem parkir digital. Namun, tidak bisa berjalan seperti yang diinginkan karena faktor keamanan. Masih ada ancaman dan intimidasi di lapangan terhadap juru parkir PT MATA yang dilakukan oleh juru parkir lama yang dulu menguasai parkir di tempat parkir meter dioperasikan,” kata Hardian.

Ia juga mengatakan dari tiga lokasi parkir meter, hanya Jalan Pondok yang belum bisa dijalankan. Sedang­kan di Jalan Niaga dan Permindo sudah ada petugas parkir meter yang siap disana. Hanya saja, belum bisa bergerak leluasa karena intimidasi tersebut.

“Baru jalan Permindo dan Niaga yang bisa dioperasikan parkir meter. Namun belum bisa bergerak secara leluasa karena situasi di lapangan belum bisa sepenuhnya mendukung parkir meter. Sedangkan di Jalan Pondok sama sekali belum bisa dima­suki oleh petugas parkir meter karena faktor keamanan,” katanya.

Kepala Dishubkominfo Kota Padang, Dedi Henidal yang dihubungi melalui telepon seluler tidak berhasil dikonfirmasi karena tidak mengangkat. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 10:29:29 WIB

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. .
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:12:43 WIB

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gagalnya program parkir meter di Kota Padang membuat pungutan parkir manual kembali berkuasa. Namun, dalam waktu dekat pemerintah kota (pemko) akan mengambil alih dengan cara kontrak dengan petugas .
  • Kamis, 26 September 2019 - 17:20:12 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) resmi memberhentikan parkir meter yang selama ini terkatung. Pasalnya, pihak ketiga parkir meter tersebut sudah menyerahkan secara hukum ter.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 23:29:52 WIB

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Namun, saat ini pemko Padang masih mencari i.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 18:02:29 WIB

    Dishub Padang Inginkan Seluruh Parkir Dikelola Pihak Ketiga

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang merencanakan seluruh parkir di Kota Padang bisa dikelola oleh pihak ketiga nantinya, baik dari perusahaan daerah atau perusahaan swasta. Keinginan ini untuk m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]