BPBD PK Mengenang Peristiwa Gempa 30 September 2009


Sabtu, 24 September 2016 - 03:20:32 WIB
BPBD PK Mengenang Peristiwa Gempa 30 September 2009 BADAN Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota padang bersama instansti terkait akan membahas mengenai acara “mengenang peristiwa gempa 30 September 2009”. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Tugu Monumen Gempa di Jalan Gereja Padang, Jumat (23/9). (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN—Kota Padang akan mengenang pe­ristiwa gempa yang menguncang pada 30 September 2009. Ke­giatan untuk mengenang pe­ristiwa ini akan dilaksanakan oleh BPBD PK di Tugu Mo­numen Gempa.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD PK) Rudy Rinaldy ada beberapa hal yang akan dilaksanakan pada 30 September. Kegiatan akan dimulai dari pukul 16.30 WIB hingga 17.30 WIB. Tujuan peringatan adalah untuk melan­jutkan edukasi publik mengenai kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan selanjutnya, BPBD PK akan memberikan reward kepada lembaga yang konsisten melaksanakan kesiapsiagaan bencana untuk memotivasi pela­ku-pelaku PRB untuk tetap aktif mengkampanyekan kesiap­sia­gaan bencana. Lalu aka ada sosialisasi mengenai program tsunami safe zone.

Reward untuk tahun ini diberikan kepada sekolah. Re­ward yang diberikan berbentuk piagam,” ucap Rudy.

Dalam kegiatan yang berl­angsung satu jam ini yang akan diundang adalah wali kota beserta jajaranya, Danlanud, Kapolresta, lurah beserta camat se-Kota Padang, Forkopimda, korban gempa dan keluarga, penggiat kebencanaan dan SK­PD terkait.

“Selain itu dalam kegiatan ini akan diundang salah satu korban dari gempa 30 September untuk membacakan puisi maupun doa,” ucapnya.

Harapan dari Rudi Rinaldy dari kegiatan ini  agar warga Kota Padang tetap ingat bahwa, kota ini pernah mengalami ujian yang berat dengan adanya gem­pa. Jika semua warga mengi­ngatkan hal ini tentu akan me­ningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan terhadap bencana. Selain itu juga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, Rudy Rinaldy mengimbau seluruh warga yang berkunjung ke Tugu Monumen Gempa untuk dapat menjaga kebersihan. Karena bagi keluarga korban tugu tersebut adalah tempat yang sangat berarti untuk menge­nang anggota keluarga mereka yang menjadi korban gempa.

“Jagalah kebersihan tugu, karena ada banyak orang yang datang ke tugu ini untuk menge­nang keluarganya yang menjadi korban. Jika kondisi tugu kotor tentu akan membuat hati para keluarga menjadi sedih,” ucapnya. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:44:20 WIB

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor HARIANHALUAN.COM - Sejak Minggu, (17/5/2020) pagi, sejumlah daerah Kota Padang diguyur hujan lebat. Hujan yang terjadi di sejumlah daerah di kota ini berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor..
  • Jumat, 17 April 2020 - 10:19:02 WIB

    Pandemi Corona, DPRD Padang Minta BPBD Tingkatkan Kinerja

    Pandemi Corona, DPRD Padang Minta BPBD Tingkatkan Kinerja PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang meningkatkan kinerjanya serta saling koordinasi dengan semua pihak..
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:32:08 WIB

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, setidaknya telah menyebabkan beberapa kerusakan seperti pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang..
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.
  • Kamis, 04 Januari 2018 - 20:55:21 WIB

    BPBD Padang Butuh Motor Trail

    BPBD Padang Butuh Motor Trail PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung. Angin yang dikenal dengan siklon tropis tersebut mengamuk pada pe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]