Pilwako Payakumbuh, Hanya Tiga Pasang Daftar ke KPU


Sabtu, 24 September 2016 - 03:30:27 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN  — Hanya tiga pasangan bakal calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh hingga penutupan, Jumat (23/9). Sebelum ditetapkan sebagai calon peserta Pemilihan Walikota/Wakil Walikota (Pil­wako) Payakumbuh 2017-2022, KPU akan melakukan verifikasi terhadap  persyaratan yang diajukan oleh masing-masing balon.

Setelah pasangan jalur per­seorangan Wendra Ennaidi yang mendaftar ke KPU Payakumbuh di hari kedua, Kamis (22/9), di hari ketiga sekaligus hari terakhir pendaftaran pasangan balon Wa­ko/Wawako, Jumat (23/9), men­daftar dua pasangan balon. Pasa­ngan petahana Riza Falepi- Erwin Yunas, sebelumnya pasangan Suwandel Mukhtar-Fitrial Bachri.

Pasangan Suwandel-Fitrial yang diantar ribuan pendukung­nya dengan iring-iringan mobil dan sepeda motor, tiba di Kantor KPU Payakumbuh sekitar pukul 14.30 WIB. Pasangan ini diusung koalisi 5 partai politik yaitu Partai Golkar, Demokrat, PAN, PDIP dan Hanura.

“Pasangan berangkat dari rumah gadang Suwandel Mukhtar di Koto Nan Ampek,” ucap Aribus Madri, Ketua DPC PDIP Kota Payakumbuh.

Iring-iringan yang panjang­nya hampir satu kilometer itu, juga mendatangi markas partai pe­ngusung. “Seluruh markas partai pengusung di datangi sebelum ke KPU,” ucap anggota DPRD Kota Payakumbuh itu.

Sampai di Kantor KPU Paya­kum­buh, ternate ada berkas per­syaratan pencalonan dari pasa­ngan ini masih kurang, yaitu pernyataan pengunduran diri Fitrial Bachri sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh. Karena belum melampirkan pernyataan pengunduran dari anggota DPRD, terpaksa Fitrial yang kader Gerin­dra itu mengetik pernyataan pe­ngunduran diri di ruangan KPU Kota Payakumbuh.

“Sebenarnya surat pernyataan pengunduran diri sudah ada. Tapi format yang dibuat salah. Se­hingga terpaksa diketik ulang,” terang Fitrial Bachri.

Setelah seluruh berkas leng­kap, dokumen pendaftaran dise­rah­kan ke KPU Kota Payakum­buh. Pasangan Suwandel-Fitrial diusung lima partai politik de­ngan total 12 kursi di DPRD. “Ada 12 kur­si pendukung pasangan dari total 25 kursi di DPRD  ini,” ucap Adi Surya Tama, Sekretaris DPC Partai Demokrat Paya­kumbuh.

Partai Golkar 3 kursi, Demo­krat (3 kursi), PAN (3 kursi), PDIP (2 kursi) dan Hanura (1 kursi). Suwandel sendiri sebelumnya merupakan Wakil Walikota  Paya­kumbuh periode 2012-2017. Sampai pukul 18.00 Wib proses pendaftaran Suwandel-Fitrial ma­sih berlangsung.

“Masih ada ada berkas pen­calonan pasangan Suwandel-Fitrial yang belum lengkap. Ter­pak­sa pasangan ini harus me­lengkapi hingga pukul 23.59 Wib,” ucap Hetta Mambayu, Ketua KPU Payakumbuh

Usai pendaftaran Suwandel-Fitrial, barulah pasangan peta­hana Riza Falepi-Erwin Yunaz mendatangi kantor KPU. Saat itu, waktu sudah menunjukkan pukul 18.15 WIB. Dalam berkas pen­daftarannya, pasangan ini di­usung PKS, PBB, dan Gerindra. 

Pasangan yang disingkat F-WIN itu datang dihantar ribuan pendukung dari 5 kecamatan se Kota Payakumbuh. Elit-elit po­litik seperti PKS, PBB dan Gerin­dra turut mendampingi pasangan tersebut. “Total dukungan untuk pasangan ini sebanyak 8 kursi. PKS 3 kursi, Gerindra (3 kursi) dan (PBB 2 kursi),” terang Hamdi Agus, Ketua PKS didampingi Nasrul Tuanku Baringin (Ketua PBB) dan Nusyirwan (Ketua Ge­rindra) Kota Payakumbuh.

Dengan memakai baju kemeja putih, Riza-Erwin disambut Ketua serta Komisioner KPU Kota Paya­kumbuh. “Selamat datang,” ucap Ketua KPU Hetta Mambayu saat menyambut pasangan Riza Fa­lepi-Erwin Yunaz.

Dengan mendaftarnya Riza Falepi-Erwin Yunaz dipastikan calon yang ikut Pilkada hanya tiga pasang, itupun bila kedua pasangan ini lolos verifikasi data dukungan sebagaimana yang disyaratkan dalam peraturan KPU.

“Sampai saat ini tidak ada pasangan lain yang konfirmasi akan mendaftar. Hanya tiga pa­sang calon untuk Pilwako Paya­kumbuh,” terang Hetta. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 November 2019 - 19:43:27 WIB

    Heboh Politik Dinasti..! Ini Alasan Gibran Maju ke Pilwakot Solo

    Heboh Politik Dinasti..! Ini Alasan Gibran Maju ke Pilwakot Solo JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Banyak yang  menyorot  kambuhnya era politik dinasti ala Cendana setealah putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan maju dalam Pilwakot Solo 2020..
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:07:43 WIB

    Gibran Rakabuming akan Temui Megawati Siang Ini, Terkait Pilwako Solo?

    Gibran Rakabuming akan Temui Megawati Siang Ini, Terkait Pilwako Solo? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan menemui Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di kediaman pribadinya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (24/10)..
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:25:47 WIB

    Pilwako, Daftar Pemilih di Tiga Kota Menurun

    Pilwako, Daftar Pemilih di Tiga Kota Menurun PADANG, HARIANHALUAN.COM – KPU Padang menjadi KPU paling awal yang mengumumkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk Pilwako 2018 ini. Dari hasil rapat pleno yang digelar di Hotel Inna Muara, Padang, Kamis (19/4) kemarin, DPT di.
  • Senin, 08 Januari 2018 - 11:39:53 WIB

    Panwas Incar Mahar Pilwako Padang Panjang 2018

    Panwas Incar Mahar Pilwako Padang Panjang 2018 PADANG PANJANG, HALUAN--Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Padang Panjang menghimbau seluruh masyarakat di Kota Padang Panjang untuk melaporkan kasus mahar politik dalam pencalonan walikota Padang Panjang 2018. .
  • Senin, 04 September 2017 - 16:24:03 WIB

    Konflik PPP Bakal Pengaruhi Pilwako Padang

    Konflik PPP Bakal Pengaruhi Pilwako Padang PADANG, HALUAN - Konflik di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepertinya bakal memanas lagi menyusul terbitnya keputusan Peninjauan Kembali (PK) dari Mahkamah Agung. Besar kemungkinan, akan berpengaruh ke sikap partai itu ke.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]