HARI HAK UNTUK TAHU

Besok, KI Gelar Orasi Sumbar Bicara


Sabtu, 24 September 2016 - 03:34:57 WIB
Besok, KI Gelar Orasi Sumbar Bicara KOMISIONER Komisi Informasi Sumbar , Jumat (23/9) menggelar jumpa pers terkait peringatan Hari Hak Untuk Tahu dan Orasi Sumbar Bicara yang digelar Minggu (24/9) di GOR H Agus Salim, Padang.

PADANG, HALUAN — Right to Know Day (RTKD) atau Hari Hak untuk Tahu se-Dunia diperingati setiap tanggal 28 September. Di Sumbar, peringatan dilaku­kan, Minggu (25/9) besok di sisi selatan GOR H Agus Salim, Padang.

 ”Pertama diperingati oleh dunia pada 28 Septem­ber 2002 di Sofia Bulgaria yang disepakati setiap tahun menjadi Right to Know Day,” ujar Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar Arfitriati kepada wartawan, Jumat (23/9) di Kantor KI Sumbar.

Indonesia, menurut Arfi­triati memperingati RTKD sejak 2011. KI Sumbar yang memiliki sumbangsih besar dalam keterbukaan informasi publik, ikut memperingatinya. “Peri­ngatan RTKD tahun ini fokus kepada masyarakat luas dalam bentuk senam massal. Satu agen­da lagi yakni pentas orasi Sumbar Bicara karena bentuk peringatan menyambut RTKD, penyeleng­gara menyediakan hadiah door­prize yang dibantu oleh badan publik di Sumbar dalam rangka menyuk­seskan RTKD 2016,” ujar Ketua Panitia RTKD 2016 Yurnaldi.

Pada peringatan 2016 secara nasional, RTKD memakai tema Keterbukaan Informasi Publik sebagai Kunci Pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan. “Tema secara nasional juga dipa­kai KI Sumbar dengan menambah muatan lokal terutama memba­ngun komitmen dan konsistensi badan publik dan publik untuk menjalankan amanah UU 14 tahun 2008,” ujar Adrian Tuswandi.

Komisioner KI Sumbar Sondri menilai peringatan RTKD pen­ting dalam membangun pema­haman bersama untuk keterbu­kaan in­formasi publik. “Terus terang potret badan publik melak­sanakan keterbukaan informasi publik di Sumbar menurut saya masih lampu kuning, semua me­ngatakan siap terbuka tapi apli­kasi masih jauh dari standar layanan informasi publik. Adanya peringatan RTKD ini jadi alat membomingkan pe­mahaman ba­dan publik dan publik atas ke­terbukaan informasi publik,” ujar Sondri.

Pada kesempatan itu, Arfitriati mengucapkan terima kasih kepa­da pers dan semua pihak yang selama ini mendukung komisi informasi. “Ka­rena keterbukaan informasi tanggungjawab kita semua dan in­formasi publik ada­lah hak kita semua untuk tahu,”ujar Arfitriati. (h/ben)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]