KEMENDES PDTT GELAR EXPO POTENSI DESA

2017, Dana Desa Satu Miliar


Sabtu, 24 September 2016 - 03:35:42 WIB
2017, Dana Desa Satu Miliar GUBERNUR Sumbar, Irwan Prayitno membuka Expo Pembangunan Desa 2016 bersama Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi.

PADANG, HALUAN – Se­kretaris Jenderal Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi menjanjikan kenai­kan dasa desa dari Rp640 juta tahun 2016 menjadi satu miliar di tahun 2017. Selain itu, menuntaskan tiga daerah tertinggal yang ada di Sumbar.

Hal itu dikatakan Anwar Sanusi dalam pembukaan Expo Potensi Desa 2016 di Pelataran Parkir Stadion H Agus Salim, Padang, Jumat (23/9) malam.

Dikatakan, meskipun tingkat peng­hasilan masya­rakat Sumbar sudah banyak yang di atas rata-rata, namun masih ter­dapat tiga daerah tertinggal yakni Solok Sela­tan, Kabu­paten Mentawai dan Pasa­man Barat. “Mu­dah-muda­han tahun 2019 kemis­kinan di tiga daerah ini sudah bisa dituntaskan, dan anggaran untuk desa akan ditingkatkan,” ung­kapnya.

Ia juga mengatakan, mayoritas di Indonesia adalah desa dinas, se­mentara di Sumbar adalah desa adat. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor lamanya perkem­bangan desa di Sumbar karena terkait adat istiadat.

“Eksplorasi potensi desa akan berhubungan dengan penyaluran dana desa. Kami berjanji dan berusaha untuk memberikan satu treatment terhadap desa adat yang ada di Sumbar. Tujuannya untuk menyejahterakan warga desa adat itu dengan perlakuan yang adil,” kata Anwar.

Ekspo potensi desa ini berbe­da dengan tahun 2015 lalu yang hanya dilaksanakan pada level kabupaten. Namun di tahun 2016 ini diting­katkan menjadi level provinsi yang tuan rumahnya adalah Kota Padang, Sumbar. “Dengan memilih Sumbar khu­sus­nya Kota Padang merupakan pili­han yang tepat, dan akan di­ikuti dengan perkembangan yang pesat nantinya,” harap Anwar.

Atas nama perwakilan Men­des PDTT Eko Putro Sandjojo, ia mengaku akan mendukung pem­ba­ngunan di Sumbar dalam meng­gerakkan perekonomian masya­rakat desa. “Mudah-mudahan ekspo potensi desa ini, menjadi arena untuk berkomunikasi bagi semua daerah, saling berbagi ilmu untuk pembangunan nagari/desa nantinya,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno mengatakan, kehadiran ekspo potensi desa ini tidak hanya menguntungkan bagi provinsi, tapi juga akan membawa dampak yang sangat besar bagi kabupaten kota. Pasalnya, pada kesempatan ini semua potensi desa akan dikeluarkan dan diketahui bahkan oleh provinsi lain.

“Kami sangat mengapresiasi ekspo potensi desa yang dibuat oleh Kemendes PDTT, apalagi dengan terpilihnya Sumbar khu­sus­nya Kota Padang sebagai tuan rumah. Tentunya ini akan berdam­pak baik bagi perkembangan potensi desa,” jelasnya.

Gubernur Irwan juga berharap, dengan adanya ekspo potensi desa ini,  bupati dan walikota lebih bersemangat untuk melakukan ekspos potensi desa masing-ma­sing, dan memaksimalkan potensi sesuai karakter yang ada di daerah­nya. Disela-sela pida­tonya gubernur juga menyam­paikan pada kemen­trian agar dana desa di tambah, dan diikuti de­ngan kenaikan honor pendamping dana desa.

Pembukaan ekspo potensi desa dimeriahkan penampilan Wali Band, dan penampilan IP Band dengan drumer Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Dalam kesempatan itu, IP melantunkan sejumlah lagu diantaranya lagu ciptaannya sen­diri kau istriku, dan berduet dengan Wali Band me­nya­nyi­kan lagu Tobat Maksiat (Tomat).

Acara juga dihadiri oleh Wali­kota Padang Mahyeldi Ansha­rullah, Anggota DPRD Sumbar Aristo Munandar, dan penampi­lan dari sejumlah karya seni tradisional minangkabau. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:12:28 WIB
    ANGGARAN POKIR DPRD

    2017, SMA 16 Terima Rp200 Juta

    2017, SMA 16 Terima Rp200 Juta PADANG, HALUAN--SMA 16 Padang meskipun nomor urut terakhir di Padang, tapi dari segi kualitas tak boleh yang terakhir.Ketua Komisi II (Perekonomian) DPRD Sumbar Yuliarman, SH mengemukakan hal itu saat menjadi Pembina Upacara .
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:44:41 WIB

    Januari Hingga Agustus 2017, 410 Orang Diserang DBD

    Januari Hingga Agustus 2017, 410 Orang Diserang DBD PADANG, HARIANHALUAN.COM—Hingga akhir Agustus 2017, tercacat 410 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi di Kota Padang yang menyebabkan dua orang meninggal dunia..
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 11:39:57 WIB

    Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal

    Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Periode Januari hingga Juli 2017, terdapat 5 kasus balita terlantar yang ditinggalkan orangtuanya.  Salah satu dari lima kasus tersebut, satu balita meninggal dunia..
  • Ahad, 04 Juni 2017 - 16:53:00 WIB

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun PADANG,HALUAN—Sebanyak 635 orang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Padang akan pensiun selama tahun 2017. Dari jumlah tersebut, setengahnya yang akan pensiun adalah guru..
  • Selasa, 30 Mei 2017 - 09:52:05 WIB

    2017, Baznas Targetkan Rp28 Miliar Dana Zakat

    2017, Baznas Targetkan Rp28 Miliar Dana Zakat PADANG,HALUAN—Setelah melampaui target di 2016, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang memasang target yang lebih besar tahun ini. Jika sebelumnya target 2016 Rp24 miliar dapat terealisasi sekitar Rp25,2 miliar. Unt.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]