Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD


Senin, 26 September 2016 - 01:32:38 WIB
Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

TANJUNGPINANG, HALUAN —  Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menolak penambahan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru dengan alasan defisit anggaran.

“Tidak perlu tambah dinas, badan atau biro. Sekarang yang mau dilakukan kecil struktur, tetapi kaya fungsi,” ujarnya di Tanjungpinang, Sabtu (24/9) lalu.

Ia mencontohkan pengelo­laan sektor kemaritiman tidak perlu dengan membentuk ba­dan khusus baru. Selama ini, sektor kemaritiman sudah dike­lola Dinas Kelautan dan Peri­kanan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pekerja Umum.

“Tidak perlu banyak lem­baga, jangan terlalu banyak teori, kita butuh aksi, kerja, dan kerja,” ucapnya.

Gubernur Nurdin mene­gaskan bahwa struktur peme­rintahan yang sederhana dapat menghemat anggaran.

Selain itu, efisiensi kerja untuk men­capai target untuk dapat dila­kukan dengan jumlah struktur pemerintahan yang terbatas.

Jika terdapat sektor tertentu yang belum disentuh SKPD, dia mengatakan dinas dapat me­nambah bidang sesuai dengan kebutuhan.

“Pemerintah pusat sudah ingatkan tidak perlu banyak lembaga dan teori,” katanya.

Berbagai kebijakan yang sudah berjalan, menurut dia, harus dievaluasi dan diperbaiki dengan semangat efisiensi anggaran dan kerja.

Sebagai contoh, antrean kapal barang di Kepri sampai sekarang merugikan pengusaha lantaran harus mengantre hing­ga berhari-hari. Kondisi ini bertolak belakang dengan kapal barang yang sandar di Singa­pura.

Untuk mengakut barang seberat 1.000 ton saja, dibu­tuhkan waktu selama sepekan, sedangkan kapal yang me­ngakut 10 juta ton barang di Singapura hanya membutuhkan waktu tidak sampai sehari. Berarti ada yang harus diper­baiki dengan sistem pelayanan di pelabuhan.

“Untuk memperbaiki ini, tidak perlu menambah struktur di pemerintahan, tetapi cukup dengan meningkatkan penga­wasan dan mengambil kebija­kan yang tepat,” katanya.

Pemerintah Kepri baru-baru ini mengajukan Ranca­ngan Peraturan Struktur Orga­nisasi Tata Kerja (SOTK) ke DPRD Kepri.

Sejumlah SKPD diusulkan untuk digabung, seperti Dinas Pariwisata digabung dengan Dinas Kebudayaan, Biro Per­leng­kapan digabung dengan Biro Umum, dan Biro Humas digabung dengan Dinas Info­kom.

Usulan pihak eksekutif itu, menurut sejumlah anggota legislatif masih dapat diubah sesuai dengan hasil pem­baha­san bersama. (h/ant)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:07:50 WIB

    Gubernur Imbau Polisi Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Guber­nur Kepri, Nur­din Basirun mengimbau agar armada kepolisian dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh ma­syarakat di Provinsi Kepri..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:44:59 WIB

    Kepri Masih Tanpa Wagub, Gubernur Dikhawatirkan Kewalahan

    Kepri Masih Tanpa Wagub, Gubernur Dikhawatirkan Kewalahan BATAM, HALUAN — Politisi senior Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Kepri, Amir Hakim mengatakan bahwa pengisian posisi Wakil Gubernur (Wagub) Kepri sifatnya mendesak, demi keberlanjutan roda pemerintahan. Alasan ya.
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:16:59 WIB

    Gubernur Diminta Tak Akomodir KNPI Tandingan

    BATAM, HALUAN — De­wan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) dan Majelis Belia Malaysia (MBM) me­ng­gelar pertemuan di Batam, Kepulauan Riau, pada pada 5-7 Agustus 2016..
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 05:48:05 WIB

    Gubernur Fokus Benahi Pariwisata

    Gubernur Fokus Benahi Pariwisata Pekanbaru, Haluan — Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mem­fokuskan pembenahan infrastruktur di daerah potensi wisata dan perbaikan dilakukan sejalan dengan promosi yang sedang gencar dilakukan di bumi melayu tersebut..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:29:37 WIB

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap bekerja keras untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat Kepri. Nur­din juga akan terus men­dekat­kan diri dengan rakyat, men­jem­put masalah dan meng­uraik.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]