DPRD Pertanyakan Pengajuan Tiga Ranperda


Senin, 26 September 2016 - 01:33:58 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Sebagian besar fraksi di DPRD Kota Padangpanjang, mempertanyakan manfaat dan solusi terhadap dua dari tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh pemerintah setempat.

Dua dari tiga ranperda yang menjadi sorotan badan legislatif itu, yakni pembentukan dan susunan perangkat daerah di lingkungan Pemko Padang Panjang, ranperda tentang penyertaan modal daerah untuk pendirian PT Serambi In­ves­tasi.

Sementara, satu ranperda tentang perparkiran umumnya disetujui oleh DPRD Padang Panjang mengingat kebutuhan yang sudah mendesak saat ini.

“Pembentukan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru harus mengutamakan kepentingan masyarakat,” kata juru bicara farksi Gerindra-PKS, Nasrullah.

Sorotan dari fraksi yang ada di DPRD Padang Panjang itu, disampaikan pada sidang paripurna pemandangan umum fraksi terhadap nota penjelasan walikota setempat atas penyam­paian tiga buah ranperda.

Kemudian fraksi Golkar yang disampaikan Novi Hendri menilai, SOTK yang diajukan oleh Pemko Padang Panjang itu tidak efektif, karena banyaknya unit kerja yang memiliki tipe C.

“Seharusnya unit kerja tipe C yang dijabat oleh seorang eselon II itu bisa bergabung dengan instansi lain, sehingga bisa menjadi tipe B bahkan tipe A,” katanya.

Dari ranperda tentang pe­nyertaan modal daerah untuk pendirian PT Serambi Investasi Padang Panjang harus dikaji lagi manfaat dan dampak po­sitifnya bagi masyarakat.

Fraksi PAN yang disam­paikan Hukemri dan Fraksi PPP-Nasdem, serta fraksi Bin­tang Demokrat tidak jauh beda, mereka lebih kepada akibat pengurangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan bagaimana Pemko Padang panjang mengatasinya.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Edwar Ju­liartha mengatakan, dalam sebuah terobosan yang dila­kukan oleh pemko sudah se­harusnya mendapat penga­wasan dari lembaga legislatif.

“Kami akan mengadakan rapat kerja dengan DPRD untuk mencari yang terbaik dalam membangun Padang Panjang ke depannya,” sebut Edwar Juliartha. (h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]