BERJAYA TANPA LA PULGA

Barcelona Gasak Gijon 5 Gol Tanpa Balas


Senin, 26 September 2016 - 01:37:03 WIB
Barcelona Gasak Gijon 5 Gol Tanpa Balas

Bacelona, haluan — Cedera yang menimpa mega bintang Lionel Messi rupanya tidak membuat Barcelona limbung. Pelatih Luis Enrique yakin tim asuhannya masih bisa menang melawan tim mana pun meski tanpa Messi. Messi memang memiliki peran sangat penting untuk Barca. Hal ini tidak bisa di­pung­kiri. Namun, Enrique mengaku Barca masih punya pemain lain yang mampu me­nutup absennya La Pulga.

Enrique punya argumen kuat tentang pernyataannya tersebut. Musim lalu men­jadi buktinya. Meski sempat ditinggal oleh Messi, Barca masih cukup digdaya dan mampu memenangkan La Liga pada akhir musim. “Ta­hun lalu Messi juga harus absen selama dua setengah bulan dan tim ini mem­berikan respon yang fan­tastis. Kami memiliki skuat yang besar dan kedalaman tim yang bagus. Tentu saja kami lebih kuat bersama Messi, dia adalah pemain terbaik dunia. Tapi kami punya sumber daya yang lebih dari cukup untuk bisa mengalahkan tim mana pun, ” kata Enrique.

Buktinya saat Barcelona menghadapi Sporting de Gijon pada jornada 6 La Liga 2016/17, Sabtu (24/9). Barcelona tetap bisa ber­pesta. Barcelona menang 5-0 dan pulang dengan tiga angka. Gol-gol Barcelona dicetak oleh Luis Suarez menit 29, Rafinha menit 32, Neymar menit 81 dan 88 serta Arda Turan menit 85. Gijon, yang bermain dengan sepuluh orang sejak Alberto Lora mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 74, tak kuasa membendung sang raksasa Catalan.

Pelatih Luis Enrique me­ma­­sang Turan untuk me­ngisi pos La Pulga di lini serang bersama Suarez dan Neymar. Sementara itu, dua rekrutan baru Lucas Digne dan Andre Gomes juga di­beri kesempatan jadi starter, sedangkan Jordi Alba dan Ivan Rakitic duduk di bang­ku cadangan.

Barcelona sedikit ke­su­li­tan di babak pertama. Me­reka bahkan harus me­nung­gu hingga hampir setengah jam untuk mendapatkan gol pembuka setelah Suarez lo­los dari jebakan offside untuk menuntaskan operan Turan. Keran gol Barcelona pun terbuka. Tiga menit berselang, crossing Sergi Roberto diteruskan sun­du­lan Rafinha untuk membawa Barcelona unggul 2-0 hing­ga jeda.

Di babak kedua, Gijon sejatinya lumayan memberi perlawanan. Hanya sayang, pelanggaran Lora terhadap Roberto berbuah kartu ku­ning kedua dan bencana bagi tuan rumah. Melawan Bar­ce­lona dengan 10 pemain jelas merupakan sebuah petaka.

Terbukti, setelah itu, Barcelona bisa mencetak tiga gol tambahan. Gol ketiga didapatkan Barcelona se­telah Neymar menyambar bola rebound hasil shot Paco Alcacer (masuk meng­gan­ti­kan Luis Suarez) yang sem­pat ditepis kiper Gijon.

Tak lama setelahnya, Tu­ran turut mencatatkan nama di papan skor. Roberto lagi-lagi berperan penting de­ng­an memberi assist. Dua menit jelang berakhirnya waktu normal, memanfaatkan ope­ran pemain pengganti Denis Suarez, Neymar menggenapi brace-nya dan menutup pesta gol Barcelona.

Messi mendapatkan ce­dera pada pertandingan me­la­wan Atletico Madrid. Pe­ma­in asal Argentina ini di­pas­tikan absen setidaknya untuk tiga pekan men­datang.

Enrique juga mengaku sangat puas dengan kinerja Sergi Roberto.

Bek kanan lulusan aka­­demi Barca itu memang berkembang pesat sejak barca ditangani oleh Enrique.

Dalam per­tanding­an me­lawan Sporting Gijon, Ro­berto tampil luar biasa. En­rique pun memberikan pujian selangit kepada Ro­berto. “Barca sangat kuat di sisi sayap, terutama dengan kehadiran Sergi di sisi ka­nan. Saya sudah melihat banyak pertandingan dan saya tak melihat ada bek kanan yang lebih bagus dari dia, terutama untuk Barca yang mengutamakan pe­nguasaan bola. Sergi sudah bisa beradaptasi dengan peran barunya, bisa men­yerang dan bertahan, mele­wati lawan dengan kecepatan tinggi dan tetap bisa mele­pas umpan akurat,” terang Enrique kepada Marca.

Pujian ini bisa jadi mem­buat para pendukung Ar­senal gembira. Pasalnya, jika Enrique puas dengan kinerja Sergi Roberto sebagai bek kanan, maka Barca akan berhenti mencoba men­da­pat­kan Hector Bellerin.

Dalam beberapa waktu terakhir, para petinggi Barca sudah beberapa kali ber­celoteh bagaimana Bellerin memiliki DNA Barca. Se­per­tinya para petinggi Barca ingin merebut Bellerin se­perti ketika mereka meng­goda Cesc Fabregas selama kurang lebih dua tahun sampai kemudian berhasil mendapatkannya. (h/ben)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]