PILWANA SERENTAK DHARMASRAYA

Peminat Kursi Walinagari Membludak


Senin, 26 September 2016 - 01:48:42 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Pemilihan Walinagari (Pilwana) secara serentak di Kabupaten Dharmasraya mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya peminat yang berani maju berlaga memperebutkan kursi nomor wahid di tingkat nagari.

Camat Pulau Punjung, Sutan Hendri, melaporkan, sampai Sabtu 23 September 2016, calon walinagari yang telah mendaftar sudah men­capai 15 orang, terdiri 3 orang dari Nagari Tabiang Tinggi yaitu, Syafrinedi, Khairul Amri, H M Zain. Di Nagari VI Koto Pulau Pun­jung ada 5 org yaitu Ade Irawan P, Neflizon, Gopida Hetman, Jonedi dan David Iskan. Dari Nagari Gunung Selasih tercatat 4 orang yaitu April Syofyan, Agusnadi Dt.Rajo Adil, Edi Syah Roni dan Firdaus.

Sementara di Nagari Si­ka­bau, ulasnya, baru ter­daftar satu orang atas nama Abdul Rozak. Dan untuk Nagari Sungai Kam­­but ada 4 org yaitu Ir. Dasrul Azwar, Yurnalis Monti Kociak, Edismondoni dan Asnal Am­ri. “Nagari Su­ngai Dareh datanya menyu­sul,” imbuh Camat Pulau Punjung Sutan Hendri, S.Ikom.

Jika di Kecamatan Pulau Punjung yang menjadi ibu­kota kabupaten, jabatan walinagari begitu diminati, tidak demikian dengan di Kecamatan Asam Jujuhan. Di kecamatan yang berbatas dengan Jambi dan Solok Selatan itu, baru diintai dua orang saja, yaitu Saharuddin dan M. Gafur. Keduanya membidik kursi Walinagari Lubuk Besar.

Sementara Camat Sem­bilan Koto, Khairul, mela­por­kan, di kecamatannya job walinagari sangat diminati. Paling tidak sampai 23 Sep­tember 2016, Calon Wali­nagari yang sudah mendaftar kepada panitia totalnya 16 orang. Mereka adalah Syam­sul Kamar, Firdaus, Julwadra, SE dan Wilri Iswandi, Spd.I dari Nagari Silago.

Sedangkan dari Lubuk Karak dilaporkan ada 4 calon pula yaitu Afri­do­ni.Spd.I, Edytiawarman, Amat Subakir dan Marti Ajis. Dari Nagari Banai dilaporkan Darmadi Anwar.A.Md., Renkas Daroya, Randi. Dan dari Koto Nan IV Dibawuah ada Aidil Fitri dan Syalil.

Pesta demokrasi di Su­ngai Rumbai Timur tampak sedikit beda dengan di na­gari nagari dalam wilayah Kabu­paten Dharmasraya. Di nagari yang berbatas dengan Kabupaten Bungo itu, calon walinagari mendaftar dengan diarak menggunakan mobil patroli wilayah. Meski tak seheboh Pilgub DKI, paling tidak, masyarakat “me­tro­politan” milik Dharmasraya itu cukup merasakan detak dinamika pemilihan walinagari.

Lain lagi di Kecamatan Sungai Rumbai, calon wa­linagari yang akan men­daf­tar terlebih dahulu diarak sebelumnya.

Menurut laporan Camat Sungai Rumbai A. Yani, di Nagari Sungai Rumbai Ti­mur sudah mendaftar lima calon walinagari. Mereka adalah Syamsu, SE, Dar­mawi, H. Agu­s­alim, Aprizal dan Nur­ha­yati. Jumlah calon diper­ki­ra­kan masih bakal bertambah.

Ia memperkirakan, jum­lah calon walinagari yang akan meramaikan alek di Sungai Rumbai Timur bisa tembus delapan orang. Dan jika memang begitu, maka tim kabupaten yang akan melakukan penanganan.

Sementara, pemilihan walinagari serentak di Ke­camatan Sungai Rumbai secara umum masih belum ba­nyak yang mendaftar, ke­cuali Sungai Rumbai Timur. Ia menyampaikan, di Nagari Kurnia Koto Salak baru satu orang yang mendaftar, yaitu H.M.Nasir Monti Marajo. Padahal menurut prediksi katanya, calon yg bakal mendaftar di nagari itu se­kitar 11 orang. Bagaimana dengan dinamika pemilihan Walinagari Kurnia Selatan dan Nagari Sungai Rumbai, ia mengaku belum mendapat data lengkap.

Bupati Dharmasraya Su­tan Riska Tuanku Kerajaan turut gembira dengan gegap gempita pemilihan Wa­lina­gari Sungai Rumbai Timur, nagari dimana bupati ter­muda Indonesia itu ber­domisili sebelum ini.

Hanya saja pesannya, euforia pemilihan walinagari jangan sampai me­nim­bul­kan gangguan keamanan, jangan sampai berakibat adanya keretakan sosial dan jangan pula sampai meng­gang­gu perekonomian ma­syarakat.

Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan, Drs. Irsyad, MM, peringatan supaya ma­syarakat memilih calon wali­nagari yang bisa mem­per­cepat tercapainya kese­jahte­raan masyarakat di nagari. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 11:33:54 WIB

    Kursi CPNS di Sumbar Banyak Lowong, Formasi Dokter Spesialis Sepi Peminat

    Kursi CPNS di Sumbar Banyak Lowong, Formasi Dokter Spesialis Sepi Peminat PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sejumlah formasi yang tersedia dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 di provinsi dan daerah kabupaten/kota di Sumatra Barat tak terisi. Pemerintah daerah setempat belum dapat me.
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 20:42:46 WIB

    Peminat Honorer BLK Padang Tinggi, Seleksi Libatkan Tim Independen

    Peminat Honorer BLK Padang Tinggi, Seleksi Libatkan Tim Independen PADANG, HARIANHALUAN.COM--Peminat menjadi tenaga honorer Balai Latihan Kerja (BLK) Padang sangat tinggi. Dari empat formasi yang dibuka, peserta mengikuti test sebanyak 1.595 orang. .
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 12:13:09 WIB

    Peminat CPNS di Sumbar Sudah Capai 6.014 Orang

    Peminat CPNS di Sumbar Sudah Capai 6.014 Orang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar menyebutkan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sumbar sudah mencapai 6.014 orang, jelang ditutupnya masa pendaftaran sepekan mendatang..
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:59:18 WIB

    Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak

    Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Formasi CPNS Kementerian Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar diminati banyak pelamar. Sebanyak 11.419 pelamar terdaftar di situs sscn.bkn.go.id. Jumlah itu menempatkan Kemena.
  • Kamis, 22 September 2016 - 04:17:20 WIB

    Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat

    Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat PAYAKUMBUH, HALUAN — Objek Wisata Ngalau Indah Payakumbuh berbentuk Goa, saat ini terkesan kurang diminati pengunjung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]