Unand Operasi 80 Masyarakat


Senin, 26 September 2016 - 01:53:20 WIB
Unand Operasi 80 Masyarakat SALAH seorang peserta mnegikuti operasi katarak di Rumah Sakit Pendidikan Unand, Sabtu (24/9).

PADANG, HALUAN—Da­lam perayaan Dies Natalis ke-60 dan Lustrum XII, Uni­versitas Andalas (Unand) memberikan pengobatan m­a­ta dan operasi katarak gratis bagi warga Kota Padang khususnya warga sekitar kampus Unand.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama semua fa­ku­ltas di bidang kesehatan, baik itu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Ma­sya­rakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi serta juga Poliklinik Unand.  Tidak hanya itu, kegiatan ini juga disponsori oleh Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Unand tahun 1981 (KAFE 81) dan Andreas Sofiandi sebagai donator dalam kegia­tan ini. Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Padang dan 22 Puskesmas di Kota Pa­dang yang telah membantu mencarikan pasien untuk diperiksa di Unand.

Untuk proses pe­me­rik­sa­an mata dan operasi katarak telah dimulai dari sebulan yang lalu. Dimulai dari tahap penyebaran selebaran, pen­daftaran dan pendataan. Se­hingga tercatat ada 1.400 orang yang terdaftar sebagai peserta. Namun setelah di­lak­sanakan pemeriksaan kepada calon peserta, hanya 80 orang yang dinyatakan harus di­operasi.

Prof. Dr. Rizanda Ma­ch­mud, sebagai Ketua Pelak­sana acara saat ditemui pada pelaksanaan operasi katarak mengungkapkan peserta yang mendaftar tersebut di luar dugaan, karena panitia se­belum­nya hanya me­nar­get­kan sekitar 500 peserta. Yang akan dioperasi hanya sekitar 20 orang saja, namun ter­nyata kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Kota Padang.

“Antusias ini mungkin difaktori oleh panitia yang memberikan fasilitas penuh pada calon pasien, mulai dari pencarian langsung para calon pasien dengan me­ng­hubungi puskesmas di daerah masing-masing, hingga tahap pen­jem­putan langsung pasien ke puskesmas dengan me­ng­gu­nakan bus Unand,” ucapnya. 

Tidak hanya itu, bagi peserta yang tidak dinyatakan operasi namun memiliki penyakit mata lain, mereka juga diberikan fasilitas pe­meriksaan mata dan ka­ca­mata gratis.

Pelaksanaan operasi ka­ta­rak dilaksanakan Sabtu (24/9), di rumah sakit pendidikan Unand. Kegiatan ini me­li­batkan dokter-dokter dari Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam Persatuan Dokter Mata Indonesia, serta para perawat dari Fakultas Keperawatan.

“Setelah dilaksanakannya operasi, bagi pasien yang membutuhkan rawat inap, panitia juga menyediakan fasilitas rawat inap. Setelah dioperasi, pasien akan di­berik­an kartu kontrol khusus untuk bisa melakukan kontrol di rumah sakit M.Djamil Padang tanpa harus men­daftar kem­bali,” tutur Rizanda.

Sementara itu Rektor Uni­versitas Andalas Tafdil Husni mengungkapkan ke­giatan seperti ini merupakan tugas perguruan tinggi di bidang pengabdian msya­rakat. Untuk itu dalam rang­ka Lus­trum XII ini Unand melak­sanakan ope­rasi katarak.

“Semoga ke depannya kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahunnya,” ucapnya. (h/rel/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:41:21 WIB

    BEM KM FKG Unand Gelar Aksi Amal Peduli Sesama

    BEM KM FKG Unand Gelar Aksi Amal Peduli Sesama HARIANHALUAN.COM - Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FKG UNAND melakukan kegiatan amal yang bertajuk DENTARITY (Dentist Iftar and Charity). Kegiatan ini dilakukan BEM FKG Unand 1 kali setahun pada bulan Ramadhan..
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 22:50:52 WIB

    Tim KKN Tematik Kelompok 22 FK Unand Serahkan Bantuan Ratusan APD

    Tim KKN Tematik Kelompok 22 FK Unand Serahkan Bantuan Ratusan APD Tim KKN Tematik dari kelompok 22, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) yang terdiri dari program studi pendidikan dokter, psikologi dan kebidanan menyerahkan bantuan berupa ratusan Alat Pelindung Diri (APD) ba.
  • Sabtu, 18 April 2020 - 20:47:24 WIB

    Mantap! BRI Sediakan Penginapan untuk Tenaga Medis RS Unand

    Mantap! BRI Sediakan Penginapan untuk Tenaga Medis RS Unand PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berkomitmen bersama seluruh stake holder untuk bergerak cepat membantu penanganan wabah corona di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat. Salah satu wujud nyata BRI .
  • Senin, 06 April 2020 - 20:11:42 WIB

    Bantu Tim Medis RS Unand, HIPMI Padang Serahkan Bilik UVC

    Bantu Tim Medis RS Unand, HIPMI Padang Serahkan Bilik UVC PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah melakukan pengerjaan tiga hari, bilik ultraviolet (chamber disinfection UVC) persembahan BPC HIPMI Padang diserahkan ke Rumah Sakit Unand, Senin (6/4/2020). Bilik tersebut langsung diterima.
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]