Bupati Sutan Riska Kecewa, Musibah Rakyat Tak Dilaporkan


Senin, 26 September 2016 - 02:00:47 WIB
Bupati Sutan Riska Kecewa, Musibah Rakyat Tak Dilaporkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

DHARMASRAYA, HALUAN — Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan kaget dan kecewa, tatkala seseorang memberi in­formasi ada anggota masyarakat di wilayah Kabupaten Dharmasraya yang mati bunuh diri dan mati kesentrum listrik.

“Informasi kemanusiasn sepen­ting itu, kok malah sampai ke telinga saya dari pihak lain,” katanya ketika menerima laporan, Jum’at (23/9), ada warga Dharmasraya yang tewas tersengat listrik dan gantung diri.

Padahal, sebagai orang nomor wahid di Dharmasraya ia punya 36 kepala SKPD, 52 walinagari dan 360 jorong dan masih ditambah kepala korong. “Kok saya ndak dapat laporan. Pada kemana ca­matnya,” imbuhnya.

Meskipun laporan camat yang dipertanyakan, namun sesungguh­nya, bupati berusia 27 tahun itu mempertanyakan kepedulian apara­tur sipil daerah terhadap desah nafas dan denyut jantung masyarakat di lingkungannya.

“Jika ada warganya terkena sentrum kemudian tidak menge­tahui dan tidak melaporkan kepada atasan atau instansi yang berwe­nang, lalu sesungguhnya apa sa­ja pekerjaan si pejabat yang dibayar gajinya tiap bulan dan tak pernah terlambat,”katanya.

Justeru itu tukuknya, perlu dipikirkan oleh para pejabat ber­wenang, bahwa dalam penyeleng­garaan pemerintahan dibutuhkan komunikasi berupa laporan dari petugas paling depan sampai ke bupati, baik berkala maupun insi­dentil.

Ia menegaskan, pemanfaatan teknologi informasi diharapkan menjadi penunjang dalam memper­cepat laporan.

 Bahkan dengan aplikasi WA para pejabat bisa memberi informasi dengan cepat. “Jangan hanya  infor­masi nasehat saja yang dikirimkan, saya ingin semua kejadian dilapor­kan kepada saya,” tegasnya. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]