PEMKAB DIMINTA PEDULI

Jalan Kabupaten di Bayang Hancur


Senin, 26 September 2016 - 02:02:32 WIB
Jalan Kabupaten di Bayang Hancur Inilah kondisi ruas Jalan Kabupaten dari kenegarian Gurun Panjang menuju Sungai Putih Bayang dan kenagarian Sago kecamatan IV Jurai Pessel. Butuhkan perhaian Pemda Pessel. (M JONI)

PAINAN, HALUAN — Kondisi ruas jalan yang menghubungkan kenagarian Gurun Panjang, Sungai Putih kecamatan Bayang Pessel dengan kenagarian Sago kecamatan IV Jurai Pessel sepanjang 4 km, sangat memprihatinkan. Aspal jalan sudah terkelupas, pada badan jalan banyak terdapat lobang yang menganga.

Menurut pengamatan Haluan di lapangan, Minggu (25/9) jalan kabupaten tersebut merupakan jalan alternatif bagi masyarakat ke dua daerah bertetangga. Kerusakan jalan itu sudah beralangsung lama, nampaknya belum ada tanda untuk diperbaiki oleh dinas terkait Pemda Pessel.

Padahal jalan itu merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama untuk kelancaran hubungan transportasi dalam mengangkutan hasil bumi untuk dipasarkan ke ibu kabupaten.

Astrijal (47) warga Sungai Putih kecamatan Bayang mengakui, kendala masyarakat tentang sarana perhu­bungan yang tidak memadai. Perbaikannya terkesan terabaikan oleh pemerintah, kondisi ini memicu tingginya biaya tranportasi.

Walinagari Gurun Panjang Selatan Yusrizal mengata­kan,masyarakat sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat memperbaiki jalan yang rusak itu serta meningkatkan status jalan yang lebih memadai, guna untuk kelancaran hubungan lalulintas bagi ke dua kecamatan  bertentangga tersebut. Setidaknya dapat memperpendek jarak tempuh bagi penguna jalan, selama ini masyarakat terpaksa mengunakan jalan melingkar melalui daerah kenagarian Pasar Baru dengan jarak tempuhnya cukup jauh.

Dikatakan, keinginan masyarakat untuk mendapatkan jalan yang bagus dan mulus cukup beralasan, selain dekat juga dapat mengirit biaya pengeluaran keluarga melalui jalan alternatif tersebut, pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih cepat berkembang, sesuai dengan harapan pemerintah dan pembangunan daerah.

Camat Bayang Pon Idris kepada Haluan mengatakan, jalan kabupaten yang rusak tersebut sangat berpenguruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Seharus­nya kerusakan jalan kabupaten itu segera diperbaiki agar kerusakan yang lebih parah dapat teratasi. Kerusakan jalan sangat mempengaruhi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat,” jelas Pon Idris. (h/mjn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]