PADANG ART FESTIVAL 2

Kota Beradab Harus Berkesenian


Senin, 26 September 2016 - 02:02:58 WIB

PADANG, HALUAN — Taman Budaya Sumatera Barat menggelar Padang Art Festival yang telah dimulai sejak Jumat hingga Minggu (25/9) kemarin. Pada kegiatan kali ini, Padang Art Festival 2 menampilkan 15 kelompok seni pertunjukan modern.

Ketua Penyelenggara Acara, Syuhendri, mengatakan bahwa Padang Art Festival dirancang untuk para pegiat-pegiat seni modern, terutama seni pertunjukan, seperti teater, musik dan tari.

Menurutnya, saat ini Kota Padang belum punya iven seni yang seperti ini. Saat ini, kata dia, iven-iven seni yang dilakukan masih terbatas di tingkat internal grup saja. “Sekarang kita berusaha menghimpun semuanya. Dan kalau bisa dilak­sanakan tiap tahun, kita jadikan ini landmark Kota Padang,” ujarnya, Minggu (25/9).

Selanjutnya, pendidiri KSST Noktah itu mengungkapkan bahwa festival tersebut juga untuk mewadahi kelompok kesenian modern yang selama ini kurang mendapatkan tempat untuk berekspresi.

“Suatu kota kan ditandai dengan kesenian dan kebudayaannya. Selama ini tempat untuk kesenian-kesenian modern kurang. Diadakan pun pekan budaya, isinya seni tradisional kabupaten/ kota,” kata Syuhendri.

Lima belas kelompok yang diundang yaitu Teater Oase, KSSTF Kampus Selatan, Teater Rumah Teduh, Komunitas Seni Hitam Putih, Teater IAIN Imam Bonjol, Komunitas Panggung Batam, KSST Noktah, Teater Langkah, Kotak-Kotak Garang, Teater Langit, Serunai laut, Flame Percussion, Parewa Limo Suku, Tanah Ombak dan Sago Art.

Syuhendri pun berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Kemudian ke depannya juga diharapkan bisa mewadahi seni rupa dan mengundang kelompok seni dari luar provinsi, bahkan dari mancanegara. Perhatian pemerintah juga diharapkan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

“Kota harus punya kesenian, kota harus punya kebudayaan. Itu salah satu ciri-ciri kota yang beradab,” kata Syuhendri. (h/mg-sas)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]