10 EMAS PON XIX TERKUMPUL

Pesilat Sumbar Panen Medali


Senin, 26 September 2016 - 02:09:21 WIB
Pesilat Sumbar Panen Medali Pesilat Sumatera Barat Anton Yuspermana (kedua kiri) menangkap tendangan dan berusaha menjatuhkan pesilat Jawa Barat Eri Budiono (kanan) dalam final nomor tanding kelas H Putra Pencak Silat PON XIX di GOR Graha Laga Satria ITB Jatinangor, Sumedang, Jabar, Sabtu (24/9). (ANTARA)

Target perolehan medali emas kontingen PON XIX Sumbar di Bandung, Jabar, memang belum tercapai. Tapi, tak sia-sialah Pemprov Sumbar menganggarkan dana sekitar Rp30 miliar, karena prestasi demi prestasi terus ditorehkan oleh atlet-atlet Sumbar di ajang bergengsi empat tahu­nan tersebut. Atletik dan Silat menjadi cabang yang terba­nyak menyumbang medali.

BANDUNG, HALUAN — Pesilat Sumbar panen medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Bandung, Jawa Barat. Cabang pencak silat menyumbangkan enam medali untuk kontingen Sumatera Barat, dengan rincian dua medali emas, dua perak dan dua perunggu. Hing­ga Minggu (25/9) malam, Sumbar telah meraih 10 medali emas.

Medali emas per­ta­ma di cabang Silat disum­bangkan  Anton Yuspermana di nomor laga kelas H putra setelah di babak final mengalahkan pesilat tuan rumah Jawa Barat dengan skor 5-0, di graha laga Satria Jatinangor, Sabtu (24/5). Emas kedua disumbangkan Cory Mitha Kurnia di nomor laga kelas A putri. Medali emas yang dida­patkan Cory setelah melakukan protes dan kemudian panitia memutuskan medali emas bersa­ma dengan pesilat Jawa Tengah.

 ”Cory sempat dijatuhkan saat waktu habis di babak akhir. Juri memutuskan untuk tidak mem­berikan poin ke pesilat Jateng. Namun ketua pertandingan me­manggil juri dan memberikan poin kepada Jateng. Lalu Cory dinyatakan kalah dengan skor 2-3, “ ujar pelatih pencak silat Sumbar, Zalmi.

Setelah pertandingan usai kontingen Sumbar melakukan protes. Hasil protes Sumbar sen­diri diumumkan, Minggu (25/9). “Protes kami diterima oleh pani­tia pertandingan dan diputuskan medali emas kembar. Hasil ini sangat kami syukuri,” ungkapnya.

Sementara itu, dua medali perak disumbangkan Syahripal Efendi di nomor laga kelas B putra yang kalah dari atlet DKI Jakarta di babak final Sabtu (24/9). Syahripal kalah dengan skor 1-4 dan mengalami cidera sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. “Sebelum pertandingan dia sudah mengeluh cedera tangan. Namun dia memaksakan untuk bertan­ding dan akhirnya bertambah parah dan dilarikan ke rumah sakit,” tuturnya.

Satu perak lagi disumbangkan Suci Wulandari di nomor laga kelas B putrid. Suci kalah dari pesilat Jawa Barat dengan skor 5-0 dalam partai final yang digelar Minggu (25/9). Dua medali perunggu disumbangkan Rengga di nomor laga kelas D putra dan Khalil Ahmad di nomor laga kelas C putra yang kalah di babak semifinal.

Di cabor yang lain, raihan medali atlet Sumbar terus bertam­bah. Hingga Minggu (25/9) ma­lam, Sumbar sudah mengantongi 10 emas.  Tambahan medali didapat dari Cabang gantole yang menyumbangkan medali emas atas nama NSR Yalatif pada nomor Ketepatan Mendarat per­orang B. Sebelumnya NSR Yalatif sudah menyumbangkan medali emas di nomor Terbang Lintas Alam perorangan B. “Selain itu meraih medali emas atas nama NSR Yalatif, Syahroni juga me­nyumbangkan medali perunggu dinomor Ketepatan Mendarat perorangan B. Cabang gantole yang digelar di Bukit Pasir Pan­jang Batu 2 Gunung Lingga Kabupaten Sumedang sudah berakhir,” ujar Sekum FASI Sum­bar Hari Harga, Minggu (25/9).

Sementara itu, cabang gulat yang digelar di GOR Saparua Bandung, Minggu (25/9) berhasil menyumbangkan medali emas atas nama Husnul Amri di kelas 86 Kg gaya bebas. Cabang gulat sendiri sebelumnya sudah me­nyumbangkan dua medali perak atas nama Heru Fornandes 57 Kg putra gaya bebas dan Mardiatul Anggraini di kelas 53 Kg gaya bebas. “Kami sangat bersyukur Husnul Amri bisa meraih medali emas. Mudah-mudahan cabang gulat bisa menambah medali emas dan mengharumkan nama Sum­bar,” ujar Ketua PGSI Sumbar, Ali Musri, Minggu (25/9).

Cabang atletik menyumbang­kan dua medali emas dan dua medali perunggu. Dua medali emas disumbangkan Yaspi Boby di nomor lari 100 meter dan 200 meter putra.Dua medali perunggu disumbangkan Yulianti Utara di nomor 1.500 meter putri dan Ari Desman dari nomor lompat tinggi.

Selain dua medali emas yang disumbangkan Yaspi, medali emas lainnya disumbangkan oleh cabang pencak silat dengan dua medali emas melalui Anton Yus­permana di nomor laga kelas H putra dan Cory Mitha Kurnia di nomor laga kelas A Putri.

Cabang Gantole juga sukses dengan dua medali emas atas nama NSR Yalatif di nomor ter­bang lintas alam perorangan B dan ketepatan mendarat perora­ngan B. Cabang taekwondo me­nyumbangkan emas melalui Delva Rizki di kelas over 73 putri. Cabang boling menyumbang emas melalui Udrizal dan Afriyal di nomor double putra. Gulat disumbangkan Husnul Amri di nomor 86 kg putra gaya bebas dan Iwan Samurai di cabang binaraga. Untuk medali perak sendiri Sum­bar sudah memperoleh sembilan medali dan perunggu 14 medali. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Juli 2017 - 11:40:17 WIB

    Pesilat Luak Limopuluah Tekun Berlatih Raih Prestasi

    Pesilat Luak Limopuluah Tekun Berlatih Raih Prestasi PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Silat Lintau, Kabupaten Tanah Datar, sangat terkenal di Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Pada masa lalu anggota perguruan silat Lintau di segani anggota perguruan si.
  • Kamis, 27 April 2017 - 16:32:46 WIB

    Tiga Pesilat MP Semen Padang Ikut Kartini Cup di Medan

    Tiga Pesilat MP Semen Padang Ikut Kartini Cup di Medan PADANG, HALUAN – Tiga pesilat dari perguruan Merpati Putih (MP)FKKSP dipersiapkan untuk menghadapi iven Kartini Cup II Cabang Medan. Iven yang digelar Merpati Putih Cabang Medan Kolat USU Medan rencananya akan dilangsungkan.
  • Ahad, 19 Maret 2017 - 20:08:22 WIB

    15 Pesilat MP Ikuti UKT di Air Manis

    15 Pesilat MP Ikuti UKT di Air Manis PADANG, HALUAN – Perguruan Pencak Silat (PPS) Betako Merpati Putih (MP) Kolat Semen Padang, Cabang Padang, menggelar ujian kenaikan tingkat (UKT), Minggu (19/3). UKT ini sendiri diikuti 15 pesilat merpati putih di Pantai A.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:35:27 WIB

    Festival Internasional Pencak Silat, Dimeriahkan 1.067 Pesilat

    Festival Internasional Pencak Silat, Dimeriahkan 1.067 Pesilat PADANG, HALUAN — Se­ba­nyak 1.067 pesilat mengi­kuti Festival Internasional Pencak Silat yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang. Kegiatan sendiri digelar di GOR Semen Pa­dang pada tanggal 20-2.
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:05:07 WIB

    Hari Ini, Empat Pesilat Sumbar Berlaga di Final

    Hari Ini, Empat Pesilat Sumbar Berlaga di Final BANDUNG, HALUAN — Empat pesilat Sumatera Barat (Sumbar) akan berlaga di babak final nomor laga pencak silat di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX, Bandung, Jawa Barat..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]