DUA WAKIL RAKYAT BERORASI SOAL KETERBUKAAN

Informasi Publik Tak Bisa Ditutup-tutupi


Senin, 26 September 2016 - 02:11:36 WIB
Informasi Publik Tak Bisa Ditutup-tutupi Komisi Informasi Provinsi Sumbar, Minggu (25/9) di Tugu Adipura Simpang DPRD Sumbar, menggelar teatrikal Hari Hak untuk Tahu (Informasi) sedunia. KSST Noktah menampilkan tiga repertoar yang mengambarkan tentang masih tertutupnya badan publik terhadap akses informasi. Pertunjukan berdurasi 30 menit itu juga mengingatkan masyarakat bahwa hak untuk tahu informasi dijamin Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

PADANG, HALUAN — Dua wakil rakyat DPRD Sumbar, Aristo Munandar dan HM Nurnas menjadi orator keterbukaan informasi publik dalam peringatan Hari Hak untuk Tahu se-Dunia atau Right to Know Day (RTKD), Minggu (25/9).

Selain orasi Sumbar bicara, Komisi Informasi Sumbar yang menghelat acara, juga menggelar senam massal serta aksi teatrikal. “Keterbukaan informasi publik saat ini adalah keharusan. Tidak bisa lagi informasi publik ditutup-tutupi,” ujar Ketua Komisi I DPRD Sumbar Aristo Munandar dalam orasinya.

Aristo mengapresiasi Komisi Informasi Sumbar yang mampu melakukan evakuasi terkait penera­

pan UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. “Saya apresiasi sekali adanya lapor merah Satuan Kerja Peme­rintah Daerah Sumbar (SKPD) yang dirilis KI Sumbar. Kami, di Komisi I menjadikan itu masukan dalam mengawal SKPD yang meru­pakan mitra Komisi I. Mereka harus komit dan konsisten melak­sanakan UU 14 tahun 2008 dan semua aturan keterbukaan in­formasi yang diterbitkan KI Pu­sat,”ujar Aristo.

Sedangkan HM Nurnas me­nilai, keterbukaan informasi sedang dibangun dan digaungkan terus oleh Komisi Informasi. “Saya termasuk yang menginisiasi lahir­nya KI Sumbar saat periode DPRD 2009-2014, melihat kerja KI hari ini saya ikut bangga. Walau sam­butan badan publik saya nilai masih separuh hati. Tapi saya optimis, ke depan badan publik di Sumbar mau sepenuh hati melayani dan menerapkan keter­bukaan informasi publik. Kalau tidak maka siap-siaplah diperka­rakan di Komisi Informasi,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Peringatan RTKD 2016 dipu­satkan di lapangan parkir bagian selatan GOR H Agus Salim Pa­dang, dihadiri Ketua KI Pusat Jhon Fresly dan Asisten III Setda­ko Sumbar Nasir Ahmad. “Pem­prov Sumbar setiap saat selalu  bersinergistas dengan Komisi Informasi dalam mewujudkan pelayanan informasi publik. Mes­ki belum sempurna tapi Gubenur Sumbar Irwan Prayitno sangat komit dan konsisten dalam keter­bu­kaan informasi publik. Keter­bukaan bagi Sumbar bukan keinginan tapi adalah kebutuhan yang harus dilakukan semua SKPD di Pemprov Sumbar,” ujar Nasir Ahmad.

Jhon Fresly menyatakan apre­siasi kepada Komisi Informasi Sumbar yang sukses melakukan kegiatan peringatan Hari untuk Tahu se-Dunia. “Saya salut dengan KI Sumbar meski masih usia muda tapi untuk soal kinerja saya harus angkat topi untuk kerja keterbukaannya sebagai tugas yang diamanahkan UU 14 Tahun 2008,” ujar Jhon.

Pada kegiatan senam massal, juga dilakukan pembagian door­prize kepada peserta. “Semua happy. Terbuka itu sehat, terbuka itu hebat dan akan terwujud kalau ada komitmen masyarakat dan badan publik yang menjadi penyedia informasi publik,” ujar anggota Komisi Informasi Adrian Tuswandi.

Ketua Komisi Informasi Sum­bar Syamsu Rizal menyatakan, urgensi Right to Know Day 2016 dalam rangka memboomingkan keterbukaan informasi publik. “Informasi publik milik masya­rakat dan kita selaku masyarakat tidak berjalan sendiri untuk keterbukaan. Dunia mengakui dengan menjadikan 28 September sebagai Hari untuk Tahu se-Dunia,” ujar Syamsu Rizal.

Pada kesempatan peringatan, Ketua KI Sumbar mengucapkan terima kasih kepada partisipasi badan publik di peringatan RTKD 2016. “Ini bukti, KI dalam mewu­judkan keterbukaan informasi tidak berjalan sendiri. Acara ini terlaksana dengan banjir doorprize tidak terlepas dari partisipasi badan publik mulai gubernur, DPRD Sumbar, PT Semen Padang, Bupati Tanahdatar, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebut­kan satu persatu,”ujar Syamsu Rizal.

Rangkaian peringatan RTKD 2016 di Sumbar ditutup dengan aksi teaterikal yang dilakukan oleh KSST Noktah di Bundaran Adipura, Padang. “Dalam teaterikal, teman teman mendeskripsikan lewat gerak dan suara dari era ketertutupan, terbuka setengah hati, sampai keterbukaan informasi publik dan aksi ini mendapat perhatian pengguna jalan di perempatan Bundaran Adipura, siang tadi (Minggu, red) itu,” ujar Panitia Pelaksana RTKD 2016, Yurnaldi. (h/ben)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Januari 2020 - 21:24:04 WIB

    Diskominfo dan Humas Kota Padang Bersinergi Dalam Publikasi Informasi

    Diskominfo dan Humas Kota Padang Bersinergi Dalam Publikasi Informasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kadis Kominfo Rudi Rinaldi bersama Kabag. Humas Amrizal Rengganis dan pejabat lainnya gelar Coffee Morning, usai acara apel rutin tiap pagi, salah satu kewajiban bagi ASN, Senin (20/1/2020) diruang.
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 01:34:34 WIB

    Ormas dan OKP Jadi Triger Keterbukaan Informasi

    Ormas dan OKP Jadi Triger Keterbukaan Informasi PADANG, HALUAN – Komisi Informasi (KI) Sumbar terus beritijihad mengajak masyarakat untuk tahu. Terakhir, Selasa (13/12), KI Sumbar laksanakan sosialisasi yang dikuti 33 lembaga kemasyarakatan, kepemu­daan dan profesi..
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 15:54:52 WIB
    Fokus KI Sumbar 2016

    Nagari Ikon Keterbukaan Informasi

    PADANG, HALUAN — Tahun ini 2016 Komisi Informasi (KI) Sumbar fokus menjadikan nagari sebagai ikon keterbukaan informasi publik, hal ini tindaklanjut dari hasil penandatangan nota kesepahaman antara KI pusat dengan Kementeri.
  • Rabu, 30 Desember 2015 - 02:31:42 WIB
    Libatkan Ribuan Mahasiswa dan Peneliti

    Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau

    Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau PADANG, HALUAN — Didukung oleh ribuan mahasiswa dan akademisi, Universitas Andalas bersiap menghimpun seluruh informasi nagari se-Sumatera Barat yang akan didokumentasikan dalam bentuk digital dan cetak. Unand juga akan kem.
  • Rabu, 23 Desember 2015 - 03:25:17 WIB

    DPRD Sumbar Dorong Keterbukaan Informasi Publik

    DPRD Sumbar Dorong Keterbukaan Informasi Publik PADANG, HALUAN —De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mendorong keterbukaan informasi pu­blik bisa tercipta pada selu­ruh aspek layanan masya­rakat yang ada di daerah ini. Ketua DPRD Sumbar, Hen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]