Tolak Aktivitas Penambang Galian C, Warga Desa Kualu Bakar Pondok


Selasa, 27 September 2016 - 02:21:10 WIB

TAMBANG, HALUAN — Ratusan masyarakat Dusun I, Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, melakukan unjuk rasa di lokasi galian C. Mereka menuntut agar meng­hentikan aktivitas galian C milik H Mudar­man, karena dinilai merusakan ling­ku­ngan.

Saat melakukan unjuk rasa, ratusan warga Desa Kualu membakar satu unit pondok milik H Mu­darman yang berlokasi di dearah galian C tersebut, Senin (26/9). Aksi itu dila­kukan, karena warga telah kesal sekali. Selain itu warga juga men­desak, agar Kepala Desa Kualu, Darmilis dipecat dari jabatannya, karena telah memberhentikan Kadus I, Bustami secara sepihak.

Menurut informasi yang diperoleh, aksi ini dipicu karena pihak penambang tidak me­menu­hi tuntutan yang disam­paikan ninik ma­mak, untuk memberikan konvensasi sebesar Rp50 juta pertahun.

Puncaknya warga juga marah, karena tindakan se­pihak yang dilakukan Kades Kualu yang memberhentikan Kadus I, akibatnya warga juga melaku­kan penyegelan Kantor Desa Kualu. Warga mengancam sebelum Kadus I diaktifkan, kantor desa tetap disegel.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata me­lalui Kapolsek Tambang AKP R Zuhri Siregar, menga­takan Senin (26/9), setelah kejadian tersebut pihaknya langsung melakukan mediasi.

“Kita minta kepada ma­syarakat untuk menahan diri dan tidak melakukan anarkis dan memang galian C ini tidak memiliki izin. Sebelum terjadinya peristiwa ini, kita juga sudah meminta pihak pemda melakukan tindakan yustisi,” jelasnya. (h/nas/net)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 19:20:09 WIB

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak!

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni kaget bukan kepalang saat mendapatkan informasi bahwa dirinya ikut mendampingi 150 turis China yang mengunjungi kawasan Mandeh pada Selasa (28/1) kemarin. Dia ba.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:28:56 WIB

    Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Walhi

    PEKANBARU, HALUAN — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau meng­gugat putusan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) satu perusahaan terduga pem­bakar lahan yakni PT Sumatera Riang Lestari (SRL). Dalam putusa.
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:01:33 WIB

    Ratusan Mahasiswa Demo Tolak Toko Modern

    ROHUL, HALUAN — Pu­luhan mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) kem­bali berdemo di kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Selasa (1/11). Aksi yang bertepatan dengan waktu Salat Zuhur ini masih menolak pendirian gerai to.
  • Senin, 26 September 2016 - 01:32:38 WIB

    Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD

    Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menolak penambahan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru dengan alasan defisit anggaran..
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:33:42 WIB
    ‘Dipaksa’ Masuk Kampar

    Warga dan DPRD Rohul Tolak Putusan MK

    ROHUL, HALUAN — Konflik sengketa perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kampar memanas. Warga mendatangi dan mengajak DPRD Rohul agar bersatu melawan putusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang meminta warga di lima de.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]