Tahun Depan 27 Desa Miliki BUMDes


Selasa, 27 September 2016 - 02:22:59 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Sawahlunto mendorong 24 desa untuk mempersiapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di level pemerintahan terdepan itu.

Jika di tahun 2016 baru tiga desa yang memiliki BUM­Des, tahun mendatang seluruh desa sudah memiliki badan usaha, yang akan men­jadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal masyarakat.

“Saat ini 24 desa dengan pendampingan yang ditu­runkan telah mempersiapkan diri untuk mendirikan BUM­Des,” ujar Kepala Kantor PMPKB Sawahlunto, Adri Yusman kepada Haluan, Senin (26/9).

Menurut Adri Yusman, pendirikan BUMDes harus melalui kajian yang men­dalam. Kajian terhadap po­tensi sekaligus kajian dari sisi ekonomi.

Sehingga, BUM­Des yang didirikan mem­berikan dam­pak terhadap perkemba­ngan ekonomi ma­syarakat setem­pat. Bagi Adri Yusman, kaji­an potensi dan ekonomi ter­ha­dap bidang usaha yang akan dikem­bang­kan BUM­Des mudah-mudah susah. Karena usaha yang akan dikembangkan tidak bisa berbenturan dengan usaha yang telah ada di ma­syarakat.

“Usaha yang dikem­bang­kan BUMDes nantinya ja­ngan sampai berbenturan dengan usaha yangb telah ada. Sehingga tidak terjadi perebutan potensi yang men­jadi sasaran,” tambah Adri Yusman.

Pendirian BUMDes sen­diri modalnya bisa berasal dari pemerintah desa, tabu­ngan masyarakat, bantuan pemerintah, pinjaman dan penyertaan modal pihak lain, yang dikelola pemerintah desa bersama masyarakat. Dengan adanya BUMDes akan dapat menge­lola unit-unit ekonomi yang ada di desa, sehingga dapat mem­bantu penyediaan kebutuhan usaha produktif terutama bagi ke­lompok miskin pede­saan, mengurangi praktek rentenir dan menciptakan pemerataan kesempatan be­ru­saha serta meningkatkan pendapatan warga desa.

Meski demikian, lanjut Adri Yusman, pengelola BUM­Des ti­dak usah takut dan ragu, sebab dalam pe­ngembangan ke depan akan dibantu oleh Kemen­trian Desa dan Transmigrasi, ter­masuk pemerintah ko­ta.

“Banyak man­faat yang didapat apabila masing ma­sing desa telah memiliki BUMDes. Ka­rena penda­patan yang diraih nantinya akan dapat digu­nakan untuk kesejahteraan ma­syarakat­nya,” tambahnya.

Saat ini Sawahlunto telah memiliki tiga, yakni BUM­Des Andeska di Desa Sika­lang Kecamatan Talawi, BUM­Des Citra Santur Man­diri Desa Santur Kecamatan Barangin, dan BUMDes Taratak Bancah Sejahtera, di Desa Taratak Bancah, Keca­matan Silungkang. (h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]