20 Anggota DPRD Sawahlunto Tes Urine


Selasa, 27 September 2016 - 02:23:47 WIB
20 Anggota DPRD  Sawahlunto Tes Urine Salah seorang anggota DPRD Sawahlunto, Reflizal saat melakukan tes urine sebagai bentuk dukungan dalam pemberantasan Narkoba di Sawahlunto. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — 20 anggota Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DP­RD) dan 34 staf sekretariat DPRD Kota Sawahlunto mela­kukan tes urine bersama Badan Narkotika Nasional (BNN Kota Sawahlunto.

Hal itu dilaksanakan seba­gai bentuk dukungan lembaga ini dalam pemberantasan nar­kotika di kota ini. Hasilnya, ternyata ke-54 orang  yang dites urine ini dinyatakan negatif dari pemakaian narkoba.

“Ini merupakan bentuk dukungan DPRD Sawahlunto dalam memerangi peredaran narkoba dan telah menjadi musuh bangsa ini,” kata Has­joni, Wakil Ketua DPRD di­dam­pingi Wakil Ketua lainnya Weldison, Senin (26/9).

Ditemui wartawan usai pelaksanaan tes urine, Hasjoni mengatakan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang belakangan ini semakin meng­khawatirkan, tentu menuntut semua pihak berpartisipasi untuk membendung termasuk memberantasnya.

Narkoba, sebut Hasjoni, sudah menjadi musuh bagi bangsa Indonesia. Untuk pe­rangterhadap narkoba ini, me­ru­pakan tanggungjawab dan tugas dari pemerintah daerah dalah hal ini Pemko Sa­wah­lunto.

“Namun, dalam pembe­rantasannya diperlukan kerja­sama semua pihak termasuk lembaga DPRD. Khusus untuk di Sawahlunto, pihaknya ingin memberikan contoh sekaligus motivasi bagi instansi lain untuk bersama-sama merapatkan barisan untuk menanggulangi permasalahan narkoba ini,” kata Hasjoni lagi.

Salah satu sikap yang dila­kukan dalam hal perang ter­hadap narkoba ini, lanjut Has­joni, harus dimulai dari diri sendiri. Setelah itu batu dilan­jutkan dengan lingkungan, dan bermuara kepada semua pihak untuk bergandeng tangan men­dukung keberadaan BNNK memberantas serta menang­gulangan peredaran gelap nar­kotika di Sawahlunto.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Sawahlunto, Guspriadi mengaku sangat mengapresiasi upaya dan langkah serta ker­jasama yang telah dilakukan oleh DPRD Sawahlunto ini.

“Dukungan DPRD ini un­tuk menyatakan sikap perang terhadap narkoba merupakan langkah awal yang patut ditiru oleh instansi lainnya,” ucapnya sembari menyebut tes urine yang dilakukan di lingkungan DPRD kali ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk wilayah Sumatera Barat.

Ditambahkannya, semenjak berdiri dari satu tahun lalu, pihaknya terus berkomitmen melakukan pemberantasan dan pencegahan dari tindak penya­lahgunaan narkoba. Pihaknya juga telah melakukan reha­bilitas bagi para pemakai nar­koba baik yang terciduk oleh BNNK maupun yang datang secara sukarela untuk direhab. “Ke depan, dengan adanya dukungan dari DPRD ini, bisa menjadi stimulan bagi pihak BNN dalam mem­be­rantas serta menang­gulangai peredaran gelap narkoba di kota ini,” pungkas Guspardi. (h/mg-rki/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]