RAIH EMAS DI EKSEBISI PON

KONI Sumbar Jangan Abaikan Barongsai


Selasa, 27 September 2016 - 02:36:57 WIB

PADANG, HALUAN — Kon­­­tingen Barongsai Suma­te­ra Barat meraih empat me­dali pada pertandingan Ek­se­bisi Barongsai di PON XIX 2016 Jawa Barat pada 22 -25 September 2016 di GOR Pajajaran Bogor. Sebanyak 15 provinsi yang ikut per­tan­dingan di Jawa Barat, kon­tingen Sumbar berada di­urutan keempat setelah DKI, Banten dan Jawa Tengah.

Sekretaris FOBI Su­ma­tera Barat, Delikson Munte Senin (26/9) mengatakan, medali yang didapat yak­ninya satu mendali emas dari Kategori Pekingsai Taolu Bebas, 2 medali perak dari Kategori Naga Taulo Bebas dan Kategori Naga Kece­patan serta medali perunggu dari kategori Naga Halang Rintang. “FOBI Sumbar bangga. Walau   mengum­pulkan empat medali, Sum­bar berada di peringkat ke­empat,” katanya.

Cukup berat persaingan yang dihadapi kontingen Sumbar, tapi hal itu malah menjadi motivasi seluruh atlet agar  fokus latihan. Kedepan, FOBI Sum­bar fo­kus mempersiapkan atlet terbaik. Informasi dari FOBI Pusat, pertandingan Barong­sai sudah terdaftar pada PON 2020 di Papua dan kon­tingen Sumbar ikut pada PON 2020 di Papua itu.

KONI Sumbar diharap­kan memberikan perhatian un­tuk atlet Barong­sai. ”Su­­­­­dah terlihat, dari hasil per­­­tan­dingan Eksebisi PON XIX 2016 Jabar. Oto­­­ma­tis, menambah medali untuk Sumatera Barat,” ujarnya.

Ketua FOBI Sumbar Is­wanto Kwara menyam­pai­kan, hasil pertandingan Ek­se­bisi PON XIX 2016 Jabar membuktikan, atlet FOBI Sumbar mengukir prestasi bagi Sumatera Barat. Ia ber­ha­rap, Barongsai terus ber­kem­bang dan pemicu se­mangat atlet Sumbar. “Kami terus berusaha agar  atlet Sumbar berprestasi dan meng­harumkan Sumatera Barat di kancah nasional maupun internasional. Seka­rang, FOBI Sumbar hanya Pengurus Provinsi (Peng­prov-red) saja, karena FOBI Sumbar baru diakui KONI Sumbar. Dalam waktu dekat, FOBI Sumbar akan menyu­sun kepengurusan di tingkat daerah,” katanya.

Untuk keberangkatan kontingen ke PON XIX 2016 Jabar,  biaya ditanggung masing masing sasana, yakni dari Tjoa Kwa, Lim, dan HTT. Sedangkan,  KONI Sum­bar sendiri memberikan bantuan seragam atlet, baju training, sepatu dan topi. Dikatakannya, KONI Sum­bar berencana membantu anggaran untuk FOBI Sum­bar melalui APBD Peru­ba­han. “Saat ini, FOBI Sumbar hanya tinggal menunggu, “ ungkap Iswanto. (h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]