LESTARIKAN SENI TRADISI

Agam Helat Festival Randai


Selasa, 27 September 2016 - 02:41:00 WIB
Agam Helat Festival Randai Grup randai saat unjuk kebolehan dalam Festival Randai tingkat Kabuaten di Gor Rang Agam, Lubuk Basung, Senin (26/9). (RAHMAT HIDAYAT)

Agam, Haluan — Ratusan peserta yang berasal dari grup kesenian randai di Kabupaten Agam  mengikuti festival randai tingkat daerah, di Gor Rang Agam, Lubuk Basung, Senin (26/9), kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan kelestarian tradisi randai di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi, mengata­kan, di Kabupaten Agam cu­kup banyak grub-grub randai yang masih eksis,  keberadaan­nya harus didorong terus se­hingga tetap ada di tengah masyarakat.”Selain kaya de­ngan kawasan wisata alam maupun tempat- tempat berse­jarah Kabupaten Agam juga memiliki keunggulan dengan  keragaman budaya, yang ma­sih terus dipertahankan hing­ga saat ini. Pemerintah sangat komitmen dalam menjaga kekayaan tersebut,” katanya.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, saat membuka kegiatan itu, mengatakan, tim randai harus tetap eksis serta terus mengembangkan kese­nian serta menjaga kebera­daannya akan terus tetap eksis.  Ada banyak tempat peleses­taraian keaenian ini, misalnya sanggar, atau turun langsung sekolah.

Menurutnya,  randai ada­lah karya seni yang sangat unit yang diwariskan oleh para  leluhur.  Ini semua harus dija­ga dan dilestarikan secara turun temurun. Ia juga menga­ku sangat bangga melihat atraksi yang di pertunjukan oleh grub kesenian randai yang berpartisipasi dalam kegiatan itu.”Budaya kita sa­ngat dikenal oleh bangsa lain. Jangan sampai pula kita sen­diri yang melu­pakannya. Oleh sebab itu mari sama-sama kita leatarikan,” ungkapnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]