Bupati Terima Laporan PTLHP dari BPK


Selasa, 27 September 2016 - 02:41:49 WIB
Bupati Terima Laporan PTLHP dari BPK Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Bupati Irfendi Arbi menerima laporan PTLHP dari Kepala BPK Provinsi Sumbar, Eldy Mustaf, Senin (26/9). (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Ban­daro Rajo dan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, menerima laporan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (PTLHP) dan La­poran Pemantauan Kerugian Daerah (Keruda) semester I tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), di Gedung BPK Padang, Jumat (23/9).

PTLHP dan Keruda yang diserahkan Kepala BPK Per­wakilan Provinsi Sumatera Barat, Eldy Mustafa itu, tidak hanya kepada Limapuluh Kota, tapi juga untuk seluruh Ketua DPRD dan Bupati/Walikota se-Sumatera Barat. Kepala BPK Perwakilan Pro­vinsi Sumbar, Eldy Mustafa, bulan Oktober depan, akan menjalani masapurna bhakti.

Harapan Edi Mustafa, seluruh daerah pada semester II nanti dan seterusnya dapat meningkatkan capaian par­sentasi. Dalam PTLHP dite­gaskan seluruh daerah agar dapat mencarikan solusi. “Jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang me­ninggal dunia, jangan dibi­arkan atau ditinggalkan ka­susnya, pihak Inspektorat harus mampu mencarikan solusinya,” ulas Safaruddin menirukan Edi Mustafa.

Dikatakannya, Eldy Mus­tafa lagi, satu orang atau satu SKPD saja yang bermasalah muaranya tetap saja daerah yang kena imbasnya dan sangat berpengaruh terhadap parsentasi daerah. “Saya menekankan kepada Ketua DPRD dan bupati/walikota se-Sumbar agar terus me­mantau dan menindak­lanjuti­nya,” tutur Eldy Mustafa.

Menurut Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, khusus untuk Kabupaten Limapuluh Kota,  Pimpinan DPRD selalu ber­koordinasi dengan Bupati dan Inspektorat, begitu juga da­lam rapat kerja komisi ber­sama SKPD, tak luput menanyakan tentang TLHP tersebut.

 Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, menyebutkan, meskipun TLHP Limapuluh Kota pada semester I tahun 2016 ini mencapai angka memuaskan, namun pi­hak­nya akan terus memacu untuk naik kelas setiap tahunnya. “Kepada seluruh SKPD, uta­manya Inspektorat bersama jajarannya agar bertindak tegas terhadap ASN yang bermasalah,” ucap bupati.

Sementara itu, Kepala Inspektorat setempat, Kas­man Kasim yang didampingi kepala DPPKAD, Awaluddin menjelaskan, selama ini pi­haknya sudah bekerja mak­simal, meski belum tercapai persentasi yang sangat me­muaskan seperti yang diha­rapkan. “Kami kembali akan melakukan evaluasi, khusus terhadap TLHP,” pung­kas­nya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]