Jalan Nasional di Pessel Makin Parah


Selasa, 27 September 2016 - 02:49:35 WIB
Jalan Nasional di Pessel Makin Parah Jalan Nasional yang terban dipendakian Bukit Ransam, Kecamatan IV Jurai, Painan, Senin (26/9). (OKIS MARDIANSYAH)

PAINAN, HALUAN — Per­baikan sejumlah ruas jalan na­sional yang ada di Ka­bu­paten Pesisir Selatan (Pessel), terkesan lambat dan mem­buat resah para pengendara, khususnya bagi mereka yang menggunakan sepeda motor. Pemprov Sumbar diminta segera berbuat.

Pantauan Haluan dila­pangan, Senin (26/9), b­a­nyaknya jalan yang ber­lobang disejumlah titik, membuat para pengendara menjadi tidak tenang, dan selalu men­dapatkan ketika dalam per­jalanan.

Terkait hal itu, Jordi (28), salah satu pengendara motor warga Painan, mengatakan agar pihak terkait (Dinas PU) segera menangani persoalan yang sudah menjadi keluhan masyarakat ter­se­but. ”Per­baikan jalan ini, se­harusnyo segera diselesaikan oleh dinas terkait. Jangan menunggu korban ber­jatuhan. Padahal masyarakat sudah sering me­nanami jalan yang ber­lobang dengan batang pisang atau kayu yang dibungkus plastik putih. Seharusnya aksi protes seperti ini, ditanggapi cepat. Namun kenyataannya tidak,” ungkapnya panjang lebar.

Dia berharap agar Pe­merintah melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan jalan disejumlah titik lokasi yang dianggap rawan ke­celakaan. “Kalau tidak di­se­gerakan, maka akan ber­bahaya bagi seluruh peng­guna jalan, jangan menunggu korban jiwa dulu barulah dikerjakan,” harap mahasiswa UNP itu.

Hal senada juga dikatakan Upik (48), warga Kayu Sa­batang, Kecamatan Ranah Pesisir, jalan rusak dan ber­lobang hampir merata terjadi didaerahnya, namun hingga saat ini belum ada realisasi dari dinas terkait. “Berbagai macam cara sudah pernah kami lakukan, seperti ber­tanam pisang ditengah jalan, meletakan ban bekas, me­nanam ranting kayu. Namun, hingga saat ini tidak kunjung diperbaiki,”ungkapnya.

Dijelaskannya, pemberian tanda dijalan yang berlobang itu, karena di jalan tersebut sering menyebabkan kece­lakaan lalu lintas, bahkan sudah ada yang merenggut korban jiwa. “Kita berharap instansi terkait khususnya Dinas PU harus lebih respon dengan keluhan masyarakat ini, sehingga segera me­lakukan upaya perbaikan diseluruh jalan nasional yang ada di daerah. Jangan sampai jalan rusak ini menjadi anca­man bagi setiap pengendara yang lewat,” harapnya. (h/mg-kis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]