Pembubaran 2 BUMD Terganjal Audit


Selasa, 27 September 2016 - 02:57:20 WIB

PADANG,HALUAN — Beberapa waktu lalu DPRD Sumbar telah menyetujui perusahaan daerah, PT Dinamika Jaya Sumbar dan Andalas Tuah Sakato (ATS) dibubarkan. Namun  rencana pembubaran tersebut masih terganjal oleh audit kedua BUMD yang belum tuntas.

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim me­ngatakan, DPRD Sumbar telah mengagendakan pen­ca­butan Peraturan Daerah (Perda) sebagai peresmian pembubaran BUMD tadi. Tapi upaya ini dibatalkan Kemendagri karena belum tuntasnya audit kedua pe­rusahaan milik daerah ter­sebut. ”Pembahasan pen­cabutan kedua perda ren­cananya telah bisa dimulai hari ini. Tapi karena belum dibolehkan Kemendagri, ya terpaksa ditunda,” ucap Hendra Irwan Rahim, usai paripurna penyampaian no­ta penjelasan empat Ranper­da, Senin (26/9), di Gedung DPRD Sumbar.

Ditambahkan Hendra, selain belum tuntasnya au­dit, pembubaran juga harus ditunda karena menunggu Peraturan Pemerintah (PP) tentang tahapan dan likui­dasi BUMD yang saat ini masih disusun oleh Ke­men­dagri. ”Kita harapkan bisa cepat selesai sehingga pem­bubaran bisa cepat dilak­sanakan,” tutur Hendra. 

Wakil Ketua Badan Le­gis­lasi Daerah (Balegda) DPRD Sumbar, Hidayat juga mengatakan, pembubaran PT Dinamika dan ATS sudah direkomendasikan DPRD sejak tahun lalu. Pemprov juga telah sepakat terkait hal ini. Tinggal lagi melak­sanakan. Adapun alasan dua BUMD tadi dibubarkan ada­lah, karena tak kunjung memberi manfaat bagi dae­rah. Terutama dalam hal penambahan kas daerah melalui keuntungan atau deviden.

“Hampir selama 11 tahun beroperasi, Dinamika dan ATS tak menunjukkan pe­ning­katan kinerja. Tingkat kerugian ATS rata-rata 1,78 persen per tahun. Sementara Dinamika 6,15 per­sen,” pa­par Hidayat.

Tak hanya merugi, kedua BUMD tersebut dinilai juga kalah saing dari pihak swas­ta yang bergerak pada bi­dang usaha yang sama.

Sesuai arahan Dirjen Bina Keuangan Daerah Ke­men­dagri pembubaran dan likuidasi dua BUMD tadi akan menunggu peraturan pemerintah tentang meka­nisme dan prosedur pem­bubaraan BUMD yang se­dang disusun Ke­mendagri. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]