Panitia Festival Hoyak Tabuik Gelar Rakor


Rabu, 28 September 2016 - 02:01:34 WIB
Panitia Festival Hoyak Tabuik Gelar Rakor WAWAKO Pariaman, Genius Umar memimpin rapat persiapan tabuik Piaman. (TRISNALDI)

PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kebudayaan dan Pa­riwisata Kota Pariaman telah melaksanakan Rakor per­siapan penyelenggaraan pe­sona Hoyak Tabuik 2016 dengan seluruh stakholder Pariwisata di Aula Balai Kota Pariaman, Kamis (22/9).

Ketua Panitia pelaksa­naan Pesona Hoyak Tabuik Piaman (PHTP) 1438 H/2016M, Efendi Jamal me­negaskan, pelaksanaan iven ini sudah dipromosikan dan selalu ditingkatkan, sehingga Festival Budaya Tabuik (FBT) masuk 5 besar atraksi tradisional terpopuler di Indonesia.

“Pemerintah Kota Paria­man, juga menyelenggarakan seminar tentang Ritual tabuik untuk mengupas permasala­han ritual tabuik dalam pers­pektif budaya sehingga dapat menyatukan pandangan dan persepsi yang sama,” kata Efendi Jamal.

Sementara Wakil Wali­kota Pariaman, Genius Umar menyebut, tabuik sudah lama diselenggarakan sejak tahun 1826 dan potensi budaya ini harus dipertahankan. “Tabuik adalah tulang punggung dan lokomotif wisata budaya kita. Tabuik milik masyarakat yang difasilitasi oleh Pemko Pariaman,” ungkap Genius.

Penyelenggaraan Pesona Hoyak Tabuik Piaman tahun ini perlu manajemennya di­ting­katkan, sehingga pengun­jung merasa nyaman dan terhibur datang ke Kota Paria­man.

Sementara Dandim 0308, Hendro Nurbiantoro, me­ngatakan, Hoyak Tabuik, merupakan iven yang luar biasa di Kota Pariaman. “Kodim siap membantu Pem­ko dan masyarakat, mari kita bergandengan tangan dan berkoordinasi demi kelan­caran iven ini,” katanya.

Pesona Hoyak Tabuik diselenggarakan dari tanggal 2-16 Oktober 2016, pembuatan tabuik dikerjakan di Rumah Tabuik Pasa dan Subarang.

Selama acara prosesi ta­buik mulai dari ritual ma’a­mbiak tanah sampai tabuik dibuang ke lau.t Pada malam harinya pengunjung akan disuguhkan dengan acara lomba dan kesenian berbagai daerah di lapangan merdeka. (h/tri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Juli 2017 - 11:08:27 WIB

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Ratusan masyarakat dari setiap kecamatan se-Pasaman Barat Bagian Utara, hadiri sekaligus mengikuti pembentukan struktur pengurus panitia persiapan pemekaran Kabupaten Pasaman Barat bagian utara (Pas.
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 04:17:58 WIB

    Panitia MTQ ke-39 Dikukuhkan

    Panitia MTQ ke-39 Dikukuhkan TANAH DATAR, HALUAN — Bupati Tanah Datar, H Ir­dinansyah Tarmizi mengu­kuhkan Panitia Kerja dan Penyelenggara MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten Tanah Datar, di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungayang, Rabu (11/5)..
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 02:13:36 WIB
    Tour de Mandeh

    Panitia Sudah Susun Berbagai Kegiatan

    PAINAN, HALUAN — Pa­nitia pelaksana iven pari­wisata Tour de Mandeh su­dah mulai menyusun ber­bagai kegiatan dalam me­meriah kegiatan yang akan digelar pada Minggu (20/12) tersebut..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM