Persediaan Blangko e-KTP Mulai Menipis


Rabu, 28 September 2016 - 02:03:25 WIB
Persediaan Blangko e-KTP Mulai Menipis Ilustrasi.

PARIAMAN, HALUAN — Blangko KTP elektronik atau biasa disingkat e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman hampir habis. Saat ini hanya tersisa 100 keping saja.

Namun warga yang beru­rusan KTP tak perlu khawatir, karena blangko tersebut di jemput Kepala Dinas terkait ke Jakarta Senin (26/9).

“Menipisnya stok blangko e-KTP itu karena mem­bludak­nya pengurusan KTP oleh warga. Rata-rata per hari ham­pir seratus KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Ca­tatan Sipil Kota Pariaman, Sumiramis menjawab Haluan, ketika akan berangkat.

Kita tidak akan biarkan stok blangko e-KTP untuk kepentingan warga itu habis dan menjadi terputus. “Maka­nya Senin depan, kita segera menuju Jakarta untuk minta blangko e-KTP dan mem­ba­wanya pulang ke Pariaman,” tambah Sumiramis.

Untuk saat sekarang, paling banyak yang diurus warga adalah KTP dan Kartu keluarga atau KK, selebihnya biasa-biasa saja.

Setiap pagi hari kerja, baru buka kantor, sudah banyak warga mengurus dokumen kependudu­kan tersebut, bah­kan ada yang menunggu, begitu kantor baru buka, warga terse­but langsung menyodorkan berkas yang diperlukan untuk pengurusan dokumen ke­pen­dudukan tersebut. Dan antusias warga kita pujikan.

Dinas Dukcapil, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya me­nunggu duduk di kantor, tetapi juga jemput bola ke lapangan.

Contoh melakukan rekap data untuk e-KTP terhadap siswa sekolah sudah wajib KTP ke rumah-rumah sekolah. Su­dah banyak yang terekap data­nya sekarang, sudah ratusan, tinggal mengeluarkan KTP-nya saja.

Selasa siang (27/9), ketika Haluan menghubungi Kepala Dinas Dukcapil Kota Pariaman, Sumiramis yang sedang beru­rusan menjemput blangko KTP yang kurang ke Jakarta me­ngatakan bahwa dia sedang di Kantor Adminduk Depdagri  untuk minta tambahan blangko e-KTP dengan jumlah diatas dua ribuan. “Kita sedang usa­hakan,” sebut dia. (h/tri/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]