Kawanan Pemakai Narkotika Dibekuk


Rabu, 28 September 2016 - 02:03:50 WIB

AGAM, HALUAN — Kepolisian Resor Agam menggelandang lima sekawanan penghisap ganja ganja dan sabu dari sebuah pondok di Jorong Gasang, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (27/9), dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Penangkapan tersebut berawal dari pengamanan salah seorang yang berinisial Y.

Kasat Narkoba Polres Agam, AKP Dodi Apendi mengatakan, setelah melakukan pengembangan terhadap kesaksian tersangka Y, pihaknya ber­hasil mendapatkan 4 orang tersangka lagi di TKP yang sama. Dari keempat tersangka tersebut, polisi berhasil mendapatkan barang bukti lain, berupa satu buah kotak warna putih berisikan dua buah paket sabu yang disimpan di dalam plastik bening.

Adapun keempat tersangka yang berhasil diamankan setelah Y adalah, HS, 42 dan A, 26 warga Jorong Ka­pa­lo­koto, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjungraya. Kemudian DTP, 37 warga Jorong Gasang, Nagari Maninjau, Kecamatan Tan­jung­raya, RF, 20, warga Padanglua, Nagari Padanglaweh, Keca­matan Sungaipua.

“Pengamanan dan penangkapan terhadap 4 orang ini, dilakukan atas pengakuan dari Y penghisap ganja yang ditangkap pertama kali di TKP yang sama. Barang bukti ini kami temukan dari dalam saku celana depan sebelah kanan milik salah seorang tersangka DTP,” kata Dodi.

Setelah mendengar pengakuan DTP, petugas kembali melakukan peng­geledahan di TKP sebelumnya. Alhasil, polisi berhasil mengamankan empat buah paket shabu, satu buah alat hisap sabu yang disimpan atap pondok. Kemudian satu buah kantong plastik warna hitam yang berisikan tujuh buah pipet untuk alat hisap shabu.

“Selain itu kita juga menga­man­kan satu buah kompeng warna kuning, dua buah korek api dan uang tunai sebesar Rp 847.000 yang diduga diguna­kan keempat pelaku untuk bertransaksi. Saat ini Y dan keempat tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Mako Polres Agam, untuk diperiksa pemerikasaan lebih lanjut,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari infor­ma­si masyarakat, pondok tersebut memang sering digunakan untuk bertransaksi sabu. Tersangka, akan dijerat dengan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1) pasal 127 UU nomor 35 tahun 2009 tentang pemberantasan Narkoba dengan ancam hukuman penjara di atas lima tahun. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]