Askrida Dapat Tambahan Modal Rp32,5 Miliar


Rabu, 28 September 2016 - 02:10:19 WIB
Askrida Dapat Tambahan Modal Rp32,5 Miliar

PADANG, HALUAN—Perusahaan Daerah PT Bangun Askrida akan mendapat tamba­han modal dari APBD Sumbar sebesar Rp32,5 miliar. Saat ini, DPRD Sumbar tengah menyusun Perda untuk rencana tersebut.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, Senin (26/9), di Padang menga­takan, penambahan modal dilakukan karena Askrida mem­berikan deviden yang cukup besar bagi kas daerah.

“Jadi memang sangat layak BU­MD ini menerima tambahan modal,” ujar Hendra Irwan Rahim.

Tahun 2015, Askirda juga mem­berikan tambahan pendapatan untuk kas provinsi  sekitar 51 persen dari nilai penyertaan modal yang diberi­kan pemerintah. Dalam hal ini, Askrida menjadi penyumbang terbe­sar dari keseluruhan penyertaan modal yang dilakukan pemerintah provinsi.

Tak hanya itu, Askrida juga telah diperiksa. Hasil pemeriksaan mem­buk­tikan BUMD tersebut sehat dan memiliki potensi menjanjikan. Ini terlihat dari tingkat pertumbuhan perusahaan mencapai 20,4 persen per tahun. Angka itu jauh di atas rata-rata pertumbuhan perbankan dan asu­ransi nasional. 

“Tambahan modal Rp32,5 miliar itu untuk pengembangan unit bisnis asuransi syariah Askrida. Asuransi syariah dipilih karena dinilai menjan­jikan dan sedang berkembang di Indonesia,” katanya.

Wakil Ketua Balegda DPRD Sum­bar, Hidayat menyebut, Perda untuk penam­bahan modal Askrida layak segera disusun.

Sementara Sekdaprov Ali Asmar menga­takan, modal Askrida memang harus segera ditambah. Alasannya, bukan hanya karena Perusda tersebut berada dalam kondisi sehat. Tapi juga sebagai upaya memper­tahankan posisi pemerintah sebagai pemegang saham pengendali. 

Dipaparkannya, Askrida terakhir men­da­pat tambahan modal pada 2014 sebesar Rp32,39 miliar. Sejak saat itu belum pernah lagi diberikan tambahan modal. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]