Sumbar Ditargetkan Jadi Pusat Busana Muslim Nasional


Rabu, 28 September 2016 - 02:10:47 WIB

PADANG, HALUAN — Sekitar 50 perancang busana dari kabupaten/kota di Sumatra Barat (Sumbar) me­ngikuti Workshop Desain Fashion Minangkabau di Padang, Selasa (27/9). Selama 3 hari ke depan, mereka akan mendalami berbagai hal dalam men­ciptakan busana muslimah.

Dalam mendesain busana musli­mah, juga harus memasukkan kearifan lokal dan  menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar global. Yang paling penting ialah memenuhi ketentuan syariat Islam.

Demikian disampaikan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar diwakili Kabid Pengembangan Desti­nasi dan Daya Tarik Wisata, Federda saat pembukaan lokakarya.

“Hal ini penting dilakukan, apa­lagi belum lama ini Sumbar ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Halal Nasio­nal Terbaik. Tentu perlu dukungan semua pihak termasuk pelaku usaha fashion dengan mengembangkan bu­sana muslimah. Ke depan, target kami adlaah menjadikan Sumbar sebagai pusat busana muslimah nasional,” ujarnya.

Selain itu, kata Federda, untuk bersaing dengan desainer dari luar negeri, peningkatan kompetensi para pelaku usaha mode (fashion)  juga perlu dilakukan. Mereka harus mengantongi lisensi atau sertifikasi.

Federda menjelaskan, mode adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif. Di Sumbar, Federda cukup berkembang dengan hadirnya para perancang busana. Kehadiran mereka tidak ter­lepas dari dukungan sekolah dan perguruan tinggi dengan jurusan tata busana yang cukup banyak di daerah ini. Di samping itu, Sumbar juga kaya dengan kain tradisional sebagai bahan dasar busana.

Di antara peserta, terdapat tiga pelajar Jurusan Busana, SMK 6 Pa­dang, masing-masing Anisa, Nabila, dan Veni. Didampingi guru Yenimar, para siswa ini menyebut sudah banyak karya kreatif yang dihasilkannya. Bahkan, mereka juga merancang dan menjahit sendiri seragam sekolah bagi siswa baru di sekolah itu.

“Di sekolah ada Sanggar Busana. Di sanggar itu, para siswa mengha­silkan karya kreatifnya di bidang fashion,” terang Anisa yang meng­idolakan desainer Dian Pelangi.

Kreativitas mereka berlanjut di luar sekolah. Dalam keseharian, ujar Nabila, pihaknya menerima pesanan dari tetangga maupun sanak keluarga, baik mendesain maupun menjahit pakaian. Dari kreativitas itu, mereka punya penghasilan sendiri.

“Kami berharap, mereka bisa membuka usaha sendiri dan menjadi desainer profesional seperti idola mereka setelah mereka lulus sekolah,” tutur Yenimar. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 12:01:31 WIB

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menjelaskan, bahwa Sumbar merupakan salah satu dari 17 Provinsi penyangga produksi pada Nasional, untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan..
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 10:25:39 WIB

    Jaga Ketahanan Pangan, Sumbar Percepat Tanam Padi

    Jaga Ketahanan Pangan, Sumbar Percepat Tanam Padi HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan tanam padi perdana di lahan sawah kelompok tani Mulya Munggu Cangkeh Jorong Patomuan Nagari Talu Kecamatan Talamau, Senin (29/6/2020) dalam acara "Tanam P.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 06:08:28 WIB

    Sebanyak 89,59% UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19

    Sebanyak 89,59% UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini Usaha Besar di Sumbar terdata sebanyak 419 unit atau 0,07 persen. Sementara, usaha menengah sebanyak 7.900 unit atau 1,33 persen dengan omzet rata-rata pertahun sebesar Rp 2,5 hingga 50 miliar. Lal.
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 18:19:33 WIB

    Tingkatkan Keandalan Listrik, Manajemen PLN UIW Sumbar Tinjau Aset

    Tingkatkan Keandalan Listrik, Manajemen PLN UIW Sumbar Tinjau Aset HARIANHALUAN.COM – Demi menjaga kualitas keandalan listrik serta wujud kepedulian terhadap seluruh aset, manajemen PLN UIW Sumbar melakukan kegiatan Care 4 Asset (C4A) dengan cara turun ke lapangan pada Kamis (18/06). Kegia.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 22:09:38 WIB

    Tingkatkan Layanan, PLN UIW Sumbar Diskusi dengan Stakeholder

    Tingkatkan Layanan, PLN UIW Sumbar Diskusi dengan Stakeholder HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar Forum Layanan Pelanggan pada Rabu (17/6/2020). Forum Layanan Pelanggan PLN merupakan wujud komitmen PLN untuk terus terbuka menjawab pertanyaan pelanggan sepu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]