BI Buka Layanan Kas Titipan di Bukittinggi


Rabu, 28 September 2016 - 02:12:08 WIB
BI Buka Layanan Kas Titipan di Bukittinggi Acara pembukaan Layanan Kas Titipan di di Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa (27/9). Kantor Perwakilan BI Sumbar membuka Layanan Kas Titipan dengan menggandeng BNI Cabang Bukittinggi sebagai bank pengelola kas titipan. (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar meresmikan Layanan Kas Titipan Bukittinggi di Rocky Hotel Bukit­tinggi, Selasa (27/9).

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko me­nyebutkan, pembukaan laya­nan itu untuk memenuhi ke­bu­tu­han uang di wilayah tersebut. Pembukaan kantor tersebut merupakan kerja sama Kantor Perwakilan BI Sumbar dengan BNI Cabang Bukit­tinggi sebagai bank pengelola kas titipan.

Puji menjelaskan, Layanan Kas Titipan merupakan se­buah perpanjangan dari laya­nan kas BI yang dititipkan pada salah satu bank dalam rangka mencukupi persediaan uang kas perbankan guna memenuhi kebutuhan uang di suatu wilayah.

Ia mengatakan, ukuran perekonomian Kota Bukit­tinggi yang besar dan terus berkembang dengan pesat menjadi salah satu faktor bagi BI Sumbar untuk membuka layanan kas titipan di Kota Bukittinggi. Kantor kas titi­pan di Kota Bukittinggi ini merupakan kantor kas titipan ke-2 yang dibuka oleh KPW BI Sumbar dan kantor kas titipan ke-15 yang dibuka oleh Bank Indonesia di wilayah Sumatera.

Puji berharap Kantor La­yanan Kas Titipan Bukittinggi memberikan manfaat bagi masyarakat dan industri per­bankan yang lebih efisien, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan uang layak edar, dalam hal ini pecahan dan jumlah yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat.

“Sesuai UU Nomor 7 Ta­hun 2011 tentang Mata Uang, BI diberikan kewenangan dan tugas untuk mengedarkan rupiah. Dalam proses penge­daran tersebut, BI dituntut untuk memenuhi ketersediaan rupiah dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai kebutuhan, tepat waktu dan dalam kualitas serta kon­disi yang layak edar (clean money policy),” kata Puji.

Upaya-upaya yang dila­kukan oleh BI dalam penca­paian clean money policy, kata Puji, adalah dengan menarik dan mengganti uang lusuh dengan uang layak edar, me­musnahkan uang lusuh, men­so­sialisasikan cara perlakuan terhadap uang dengan baik, melayani penukaran uang kertas maupun logam serta menyediakan layanan opera­sio­nal kas titipan di daerah.

Pada hari yang sama, BI Sumbar juga menyalurkan Program Sosial melalui peres­mian Pojok Baca Bank Indo­nesia (BI Corner) di Perpusta­kaan IAIN Batusangkar. Pojok baca itu merupakan yang kedua, setelah BI Corner di Perpustakaan Universitas An­dalas yang diresmikan pada Februari 2016. Puji mengata­kan, BI Corner berikutnya akan diresmikan di Perpus­takaan Universitas Negeri Padang.

“BI Corner di IAIN Batu­sangkar ini terdiri dari ruangan pojok baca yang dilengkapi dengan fasilitas komputer, buku-buku dan publikasi, maupun jurnal ekonomi digi­tal. Dengan BI Corner ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh banyak sumber informasi ekonomi yang ber­kualitas baik dari dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Puji menjelaskan, BI Cor­ner juga berfungsi sebagai sarana sosialisasi bagi BI agar masyarakat semakin mengenal peran, tugas dan fungsi BI dalam perekonomian Indo­nesia melalui publikasi-pu­blikasi rutin, baik cetak maupun digital.

Sementara itu, Rektor IAIN Imam Bonjol Batu­sangkar, Dr H. Kasmuri MA mengapresiasi kepedulian BI untuk menyediakan ruang atau pojok baca untuk mahasiswa. Ia juga berharap, dengan terjalinnya kerja sama ini akan terus berlanjut hingga ke depannya.

“Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlanjut, apakah itu dengan beasiswa untuk mahasiswa kami atau yang lainnya,”  ucapnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]