Lima Tahun Ditiadakan, Pasaman Helat Lagi Pekan Muharram


Rabu, 28 September 2016 - 02:26:15 WIB

PASAMAN, HALUAN — Pemkab Pasaman yang kini dipimpin H Yusuf Lubis menggelar  berbagai kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijiriah. Selama lima tahu terakhir kegitan pekan Mu­harram di tingkat Kabupaten ditiadakan, kecuali cuma ceramah agama.

Kegiatan Pekan Muharram dihelat Pemkab Pasaman meliputi Tablik Akbar, apel akbar Didikan Subuh (DDS) serta Pawai Taaruf. Ke­mudian, lomba Qasidah Rebana tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah, lomba Bintang Qasidah, lomba busana muslim tingkat TK/RA. Acara dipusatkan di halaman kantor Bupati Pasaman.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Set­da Kabupaten Pasaman, Edi Erman me­ngatakan, bah­wa perayaan tahun baru Islam sebesar itu baru ka­li pertama digelar dalam kurun waktu lima tahun ter­akhir. “Selama lima tahun terakhir tidak ada pe­rayaan sebesar ini ditingkat ka­bupaten. Yang ada cuma ceramah atau wirid di masjid. Akibatnya, ga­ung 1 Muharram sebagai tahun baru Islam tak ter­dengar gaungnya,” kata Edi Erman, di ruangannya, Se­lasa (27/9).

Lomba digelar pada Minggu (2/10) dipu­satkan di pelataran kantor bupati akan diikuti ribuan jamaah diperkirakan hadir dalam acara perayaan hari besar tersebut. “Kita ingin menyu­marakkan tahun baru Islam dengan menggelar pekan muharram. Berbagai acara dan kegiatan lomba nan islami kita gelar untuk memeriahkan 1 Muharram,” katanya.

Selama ini, kata dia, masyarakat sudah banyak lupa dengan perayaan tahun baru Islam. Oleh karena itu, kata dia, acara itu perlu diperingati setiap tahunnya. “Jangan hiruk-pikuknya disaat perayaan tahun baru masehi saja, semua pada sibuk. Sementara pada tahun baru Islam tidak,” katanya.

Menurutnya, tahun baru Islam wajib diingat. Ka­lau bisa, kata dia, kegiatan seperti itu akan di­peringati secara rutin setiap tahun. Apalagi, pekan mu­harram sudah mulai hilang selama lima tahun be­la­kangan. “Merayakan tahun baru Islam (Hi­jiriah) tidak boleh kalah meriah dengan tahun baru ma­sehi,” ujarnya.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat di da­erah itu harus mendukung kegiatan ke­agamaan seperti Pekan Muharram. Sebab, tan­pa dukungan masya­rakat semarak ke­giatan itu tidak terlihat. “Acara tidak akan gregat jika tak didukung seluruh masyarakat. Jadi, seluruh masyarakat harus men­dukung dan mensukseskan kegiatan keagamaan. Ini se­suai dengan visi-misi Bupati Pasaman, ter­wujudnya masyarakat sejahtera, agamis dan berbudaya,” tukas Edi Erman. (h/mg-yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]