Ketua PWI Payakumbuh Jadi Panghulu Simabua


Rabu, 28 September 2016 - 02:26:42 WIB
Ketua PWI Payakumbuh Jadi Panghulu Simabua Sebanyak 17 panghulu baru di Koto Panjang dilewakan. Pengucapan sumpah langsung dipandu oleh Kaampek Suku, Dt.Maruhun. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sebanyak 17 orang ninik mamak baru di Nagari Kotopanjang, Keca­matan Lamposi Tigo Na­gari dikukuhkan. Satu dia­taranya, Ketua PWI Paya­kumbuh-Limapuluh Kota, Yusrizal dengan gelar Dt.­Gindo Malano, dalam pasu­kuan Sambilan Kampuang Simabua.

Acara baralek batagak pangulu di Nagari Koto­panjang ini digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu, ( 24 s/d 25/9) itu dipu­satklan di Halaman Mad­rasah Trabiyah Islamiyah (MTI), Kelurahan Koto­panjang Padang dan diha­diri seluruh Ketua KAN dalam Kota Payakumbuh, Ketua dan Pengurus LKA­AM Kota Payakumbuh.

Dalam Pasukuan Sam­bilan ini ada empat orang pangulu baru yang diku­kuhkan, selain YusrizalA, Dt.Gindo Malano, Kam­puang Simabua mamba­ngun nan talipek, Adison Dt.Gindo Malano Nan Pu­tiah, kampuang Simabua, sifat soko basibak longan baju, H.Zulyendi, kamp­uang Tanjuang, sifat soko Mati Batungkek Budi dan Riki dengan Gelar Dt.­Gindo Rajo, kampuang Simabua.

Ketua PWI Paya­kum­buh dan Koordinator Balai­wartawan Luak Limo­pulu­ah itu, sehari hari bertugas sebagai Wartawan SKM Editor dan media Online Portal Berita Editor, juga seorang tenaga pendidik di Kota Payakumbuh sebagai Kepala SDN 30 Paya­kum­buh di Padang Tinggi.

Dikatakan, Yusrizal Dt.Gindo Malano, proses baralek tagak pangulu itu diawali dengan kesepakatan anak kemanakan dari kaum masing masing, ke-17 pa­ngu­lu yang dikukuhkan itu sebelumnya melakukan rapat basuduik, bakam­puang, setelah dapat kata sepakat, baru didaftarkan kepada panitia pelaksana helat penghulu.

Menurut dia, kegiatan alek  diawali Sabtu, aca­ranya penyerahan masing-masing pangulu yang akan di kukuhkan dari mamak kepala waris keempat suku untuk dibawa sailie sa­mudiak, kabukik samo man­daki, kalurah samo manurun, kok kusuik diba­wo manyalasaikan, kok karuah di bao man­janiah­kan. Setelah itu dt kaampek suku nagari, melanjutkan dengan sidang adat yang dipimpin Y.K.Dyt. Patiah Baringek. Sidang adat ini melakukan usua pareso terhadap ke-17 ninik ma­mak yang baru.

Puncaknya Minggu (25/9) lalu, dimulai dengan pawai keliling Nagori Koto­panjang, singgah di tapian mandi masing-masing pa­ngulu yang akan diku­kuh­kan. “Seusai acara pawai, acara pengukuhan disak­sikan anak kamanakan da­lam Nagari Kotopanjang,” jelasnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]