UPAH TAK LAYAK, STATUS TAK JELAS

Perawat RSU BKM Mogok Kerja


Rabu, 28 September 2016 - 02:29:26 WIB

PAINAN, HALUAN — S­e­jum­lah perawat Rumah Sakit Umum (RSU) Bhakti Kesehatan Ma­syarakat (BKM), Kenagarian Sago-Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menilai struktur ma­najemen di tempat mereka be­kerja tidak profesional dan transparan. Terkait hal itu, mereka meminta pemerintah daerah harus mengkaji ulang izin operasionalnya.

Sejak 21 September 2016 hingga saat ini, sebanyak 20 perawat rumah sakit mogok kerja. Mereka menuntut pihak RSU BKM untuk merubah sis­tem yang dinilai tidak profesional.

Seorang perawat Koko Cris­tali Jetra, kepada Haluan me­nga­takan, dia sudah bekerja di RSU BKM selama dua tahun lebih. Namun, hingga saat ini status kepegawaiannya belum ada kejelasan.”Setelah dua tahun lebih saya bekerja di RSU BKM, sampai saat ini belum ada ke­jelasannya. Apakah status saya karyawan atau kontrak?,” ta­nyanya. Selasa (27/9).

Dikatakannya, selain tidak adanya kejelasan mengenai status kepegawaiannya, ia juga me­nya­yangkan gaji yang di­terimanya dibawa Upah Mi­nimum Provinsi (UMP). Selain itu, ia juga sering dilontarkan bahasa yang kurang sopan oleh pemilik rumah sakit tersebut, sehingga membuat sua­sana bekerja menjadi tidak nya­man. “Sejak 21 September 2016 hingga saat ini, sebanyak 20 perawat rumah sakit mogok kerja dan mereka menuntut pihak RSU BKM untuk merubah sistem yang dinilai tidak profesional. Terkait hal ini kami sudah membuat keputusan untuk mogok kerja sampai ada jawaban pasti dari pemilik rumah sakit,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Ru­mah Sakit BKM Sago, Dr. M. Faisal dihubungi terpisah, mem­benarkan terkait mogoknya pu­luhan pegawai di RSU BKM tersebut.”Persoalan status ke­pegawaian dan penggajian mereka merupakan kewenangan dari manajemen, kami tidak bisa masuk sejauh itu, keluhan itu memang sering kami terima,” tutupnya. (h/mg-kis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM