Mahasiswa Diminta Siap Hadapi Pasar Bebas


Rabu, 28 September 2016 - 02:30:50 WIB

PADANG, HALUAN — Mahasiswa dituntut untuk lebih cepat memahami per­kem­bangan teknologi, dan informasi, terutama meng­hadapi pasar bebas. Untuk itu kemampuan mahasiswa pun perlu ditingkatkan termasuk membuat kerjasama dengan bangsa lain.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja­sama Universitas Ekasakti Padang, Henry Happesona saat menerima narasumber dari Australia dalam acara bertukar informasi peluang usaha di Gedung Rektoran  Univeritas Eka Sakti, Jalan Veteran Da­lam, Padang, Sabtu (24/9).

Ia menjelaskan, pihak kam­pus membuka peluang kerja­sama dengan pihak ma­na­pun. Semua itu demi me­ng­hasilkan lulusan yang ber­kualitas dan siap pakai di lapangan pe­ker­jaan. “Kami menerima dengan baik ke­da­tangan Brandon Hor­gan Wi­liam dan Fungky Per­mata Intan se­bagai narasumber dari luar negeri di kampus ini. Ia berasal dari Pintana Col­lege dan me­nawar­kan kerja­sama menciptakan lulusan ber­kua­li­tas,” kata Henry Happesona didampingi De­kan Fakultas Sastra Unes, Feby Meuthia Yusuf. 

Lebih lanjut dikatakan, pihak kampus membutuhkan bantuan berbagai pihak untuk menghasilkan lulusan ber­kualitas di bidangnya. Ter­lebih, kemampuan bahasa asing yang di eraglobalisasi seperti seka­rang ini. Me­nurut­nya pintar menguasai salah satu bahasa asing me­ru­pakan salah satu modal mencari pekerjaan. 

Sementara, Fungky Per­mata mengatakan sebagai ura­ng awak yang sudah pu­luhan tahun tinggal di Austra­lia ia berharap mahasiswa di Sumbar tidak hanya ber­pangku tangan.  “Saya lahir dan asli minang, saya pindah ke Australia ketika saya be­ru­mur lima untuk itu saya ingin anak Sumbar ber­fi­ki­ran maju,” jelasnya. 

Hal senada juga dis­am­pai­k­an Dekan Fakultas Sastra Unes, Feby Meuthia. Ia men­jelaskan pihak kampus hanya mampu mengakomodir dan me­wujud­kan mimpi dari ma­ha­siswa yang ingin men­cari pe­ke­r­­jaan ke luar negeri. Salah sa­tunya dengan me­nguasai bahasa asing itu sendiri. (h/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]