Sampah Menumpuk, Pasar Siteba Busuk


Rabu, 28 September 2016 - 02:32:58 WIB

PADANG, HALUAN — Kondisi Pasar Siteba Kecamatan Nanggalo Kota Padang, sepertinya masih belum layak dikatakan sebagai pasar yang nyaman untuk dikunjungi. Penyebabnya tak lain karena kurang pedulinya pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan.

Pantauan Haluan, Selasa (27/9), kenyamanan tersebut belum terwujudkan. Pasalnya masih banyak sampah yang berserakan, bahkan terlihat penumpukan sampah di da­lam pasar tersebut. Selain me­nimbulkan bau me­nye­ngat, kondisi itu juga me­nga­kibatkan tersumbatnya sa­luran air sehingga berakibat banjir.

Leni, salah seorang pe­ngunjung pasar saat dite­mui Haluan di lokasi me­nga­takan, kenyamanannya men­jadi terganggu saat ber­belanja ke pasar tersebut. Tumpukan berbagai jenis sampah yang ada di dalam pasar me­nimbulkan bau busuk.

“Baunya menyengat ke hi­dung karena sampahnya itu ber­campur, sampah basah seperti sayuran ataupun jenis sampah apapun itu sudah mengeluarkan bau busuk,” ungkapnya.

Ia berharap adanya kesa­daran bagi semua masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan, baik dari pedagang maupun pe­ngunjung. “Se­mestinya, jangan membiasakan diri membuang sampah sem­barangan karena peri­laku itu selain melanggar Perda yang dapat dikenai sanksi, juga merusak lingkungan seperti ter­jadinya banjir,” tambahnya.

Salah seorang pedagang, Emi mengaku, pihaknya juga terganggu dengan kondisi tersebut. “Tapi dika­rena­kan semua pedagang tidak bisa saling menjaga keber­sihan, maka terjadilah keadaan seperti sekarang,” tuturnya.

Dikatakan, dirinya sendiri sudah terbiasa me­ngum­pul­kan sampah dagangannya ke dalam karung yang telah tersedia. Namun tidak semua pedagang yang melakukan hal itu. Dirinya berharap agar semua pe­dagang bisa me­lakukan hal yang sama de­ngan dirinya. Agar pasar bisa menjadi bersih dan me­mbuat nyaman konsumen yang ingin berbelanja. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]