KAPOLRES: SAYA TAK AKAN INTERVENSI PENYIDIK

Kasus Istri Wako Padang Panjang Tetap Lanjut


Rabu, 28 September 2016 - 02:36:44 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Walau telah beralih pimpinan, jajaran Polres Padangpanjang tetap komit melanjutkan proses hukum kasus dugaan korupsi anggaran rumah dinas (Rumdin) Walikota Padang Panjang. Kapolres Padangpanjang AKBP Cepi Noval memastikan, dirinya tidak akan mengintervensi penyidik dalam penanganan perkara yang menyeret istri Wako, Maria Feronika sebagai tersangka.

Sampai sekarang, pro­ses­nya tetap berjalan. “Kasusnya tetap berjalan. Saya pribadi akan membiarkan penyidik melaksanakan tugasnya. Tidak akan melakukan intervensi,” terang Cepi saat bersi­la­turah­mi dengan wartawan yang bertugas di Padang Panjang,  Selasa (27/9) siang.

AKBP Cepi Noval ber­ko­mitmen menuntaskan perkara, yang sempat digugat pra­pe­radilan oleh Maria Fe­ronika ke Pengadilan Negeri Pa­dang Panjang. ”Pengadilan telah menetapkan pengungkapan kasus tersebut sesuai prosedur dan mekanisme di jajaran Polri. Kita akan biarkan pe­nyidik bekerja tanpa ada intervensi,” sebut Cevi Noval.

Kapolres me­ngung­kap­kan, setelah semua berkas-ber­kas lengkap, pihaknya akan melakukan gelar perkara un­tuk mengatahui proses detail dari pelanggaran dugaan ko­rupsi itu. “Selain keterangan dari sejumlah saksi yang telah dimintai penyidik, untuk pengungkapan kasus, juga membutuhkan keterangan-keterangan dari sejumlah lem­baga lain, selain institusi kepolisian. Kita akan terus mengumpulkannya,” terang Kapolres.

 Disampaikannya, selain kasus dugaan korupsi Rumdin Wako, Polres Padang Panjang juga memiliki tunggakan tugas dalam pengungkapan kasus pen­curian dengan pem­beratan dan kekerasan. “Kita akan optimalkan koordinasi dengan sejumlah lembaga, termasuk dengan Dinas Perhubungan dan Kominfo setempat. Di­mana, Dinas Perhubungan me­miliki 9 CCTV yang bisa me­mantau hampir seluruh jalan utama di kota ini,” sebut Cepi.

Dari pengakuannya, sejak pertama bertugas di Polres Pa­dang Panjang, dirinya selalu turun ke lapangan untuk me­mantau langsung situasi di daerah itu, baik siang atau malam.”Kita juga meminta un­tuk mengaktifkan Sis­kam­ling. Keberadaan Sis­kam­ling sangat efektif un­tuk me­ngu­ra­ngi angka kejahatan,” ungkapnya.

Ketua PWI Kota Padang Panjang Syamsudarman yang didaulat mewakili seluruh wartawan yang hadir me­nyam­paikan apresiasi Kapolres Padang Panjang AKPB Cepi Noval. Kapolres muda itu dianggap sangat proaktif me­nyi­kapi berbagai per­masa­lahan yang terjadi di Kota Padang Panjang, ter­masuk bagusnya koordinasi dengan wartawan sebagai pe­nyampai informasi.”Biasanya wartawan itu, setiap ada infor­masi mau­nya cepat-cepat saja. Mereka tidak bisa menunggu lama untuk meminta kon­firmasi, itu juga sudah menjadi desakan dari masing-masing redaksi. Mudah-mudahan, Kapolres juga mengerti de­ngan tugas wartawan,” sebut Syamsu­darman.

Selain silaturahmi, ke­giatan yang juga dihadiri oleh Wakapolres Kompol S Priono, Kabag Ops Kompol Daulay dan seluruh perwira di jajaran Polres Padang Panjang itu juga dilakukan diskusi dan ta­nyajawab. (h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]