Industri Rumahan Meranti Belum Terkelola Maksimal


Kamis, 29 September 2016 - 02:05:54 WIB

SELATPANJANG, HALUAN — Industri rumahan (home industry) yang menjadi kantong ekonomi kreatif masayarkat di pedesaan belum dikelola dengan baik. Saat ini, Pemkab Meranti mengandalkan sektor tambang minyak dan gas bumi (migas) sebagai lumbung pendapatan daerah.

Ketua Komisi II DPRD  Kabupaten Kepualuan Meranti, Basiran Sarjono mengungkapkan, hal ini terkait dengan minimnya perhatian Pemkab Meranti dalam pengembangan sektor home industry berbasis pengolahan hasil pertanian dan perkebunan di berbagai pelosok pedesaan.

“Sampai hari ini, para petani dan p­engelola home industry harus mencari pasar sendiri. Kalau pun ada upaya dari Pemkab, paling hanya menjadikan produk-produk home industry di even-even pe­meran ataupun ekspo. Upaya konkrit lainnya dalam menca­rikan pangsa pasar belum terlihat. Padahal, sektor home industry kreatif ini sangat potensial menjadi salah satu pendulang PAD bargi daerah ini” kata Basiran.

Menurut Basiran, home industry kreatif bila dikeloal secara professional jelas akan memberikan multiefek yang sangat luas bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Upaya ini, tidak hanya akan meningkatkan spriti petani untuk lebih produktif. Disisi lainya, pengembangan industri kreatif akan turut mampu membuka usaha baru yang akan menyerap banyak tenaga kerja di pedesaan.

Terutama kaum perempuan yang sela­ma ini dianggap tidak produktif. Dari berbagai hasil pantuan di lapangan, sebagian besar home industry kreatif yang tumbuh dipedesaan mengalami kondisi yang stagnan. Hal ini terjadi akibat minimnya pembinaan, kekurangan modal, teknologi yang sederhana dan tidak adanya terobosan Pemkab Meranti dalam menyi­apkan pasar sebagai tempat melemparkan produk home industry itu sendiri.

“Kalau Pemkab Meranti serius, po­tensinya akan sangat  luar biasa dalam menopang peningkatan PAD. Tapi akibat minimnya komitmen Pemkab Meranti, keberadaan home industry di pedesaan bagai kerakap di atas batu, hidup segan mati tak mau,” ujarnya. (h/hk)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]