Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Nagari Tuo Meningkat


Kamis, 29 September 2016 - 02:11:00 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Nagari Tuo Pariangan yang berada dalam wilayah Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar sebagai pusek jalo alam Minangkabau, saat ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik do­mistik maupun man­cane­gara.,

“Anugerah yang amat luar biasa kini didapat ma­syarakat Pariangan, nagari tuo di Ranah Minang. Maja­lah Travel Budget terbitan New York yang menyan­dangkan prediket sebagai desa terindah di dunia untuk nagari ini,” ujar Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi Selasa (27/9).

Menurut Bupati H.Ir­dinansyah Tarmizi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan segenap elemen ma­sya­rakat di Nagari Paria­ngan, setelah majalah AS itu beredar dan mendapat res­pon positif dari kalangan pengelola pariwisata

Bupati juga me­ngingin­kan ketika desa terindah itu diraih, tentunya akan diserbu  pengunjung untuk datang langsung ke wilayah Nagari Pariangan untuk menikmati keindahan alam di Nagari yang berada di lereng Gunung Marapi ini.

Disebutkan, saat ini sudah mulai beberapa pihak bertanya kepada  dirinya, terutama menyangkut jalur yang bisa dilewati menuju Pariangan, baik dari bandara maupun dari Padang.

“Kenyataannya memang dalam tiga pekan ini, telah terjadi peningkatan arus kunjungan yang datang lang­sung menikmati indahnya alam wilayah Nagari Paria­ngan yang dikenal sebagai nagari asal penyebaran pen­duduk di wilayah Minang­kabau itu,” sebutnya.

Namun demikian, bupati mengaku khawatir, bila tidak segera dilakukan pembe­nahan, pengunjung bisa saja kecewa dan akan berdampak negatif terhadap posisi Paria­ngan sebagai salah satu des­tinasi wisata penting di Indo­nesia, pada masa-masa yang akan datang.

“Rezeki di sektor pari­wisata jauh lebih indah di­ban­ding pertambangan. De­posit wisata tak kunjung habis-habisnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Amrizal Dt. Marajo dan Ketua BPRN H. Arisno Dt. Andomo menyatakan, pada dasarnya masyarakat Pariangan siap menyambut kedatangan para wisatawan. Dengan keramah-tamahan warga dan pesona pano­ramanya, ujar kedua pemuka masyarakat itu, pihaknya siap menyikapi rencana pe­ngembangan Pariangan di masa mendatang.

“Kami menyadari, kini hanya pesona alam saja yang kita banggakan. Sesungguh­nya, banyak keunggulan Pariangan yang dapat dinik­mati, baik budaya maupun tradisi masyarakat. Infras­truktur pendukungnya saja yang mesti dibenahi segera,” jelas keduanya.

Saat ini, jalan-jalan di Pariangan masih kecil. Bis-bis pariwisata terpaksa di­parkir di pinggir jalan pro­vinsi Kubukarambie-Batu­sangkar karena tidak bisa masuk ke kampung itu. Are­al parkir juga tidak terse­dia. Sementara penginapan, kini baru tersedia satu buah ho­mestay.

“Saya akan minta ahlinya untuk mendesain Pariangan. Kita berharap, potensi besar ini bisa terus dikembangkan. Bila nanti tiba masanya, Pariangan akan dapat dicatat sebagai warisan dunia versi Unesco,” kata Bupati.

Untuk masuk desa terin­dah dunia versi Travel Bud­get, ada banyak kriteria yang mesti dipenuhi, diantaranya pesona alam, terjaganya warisan kebesaran masa lalu, dan memiliki identitas bu­daya masyarakat yang tetap terpelihara dengan baik.

Selain Pariangan, desa-desa lain yang masuk kelom­pok terindah didunia versi majalah itu adalah Desa Wengen di Swiss, Eze (Prancis), Niagara on The Lake (Kanada), dan Cesky Krumlov (Ceko).

Untuk sampai di Paria­ngan, wisatawan yang be­rang­kat dari Bandara Inter­na­sional Minangkabau (BIM) hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Disa­rankan, wisatawan agar meng­gunakan minibus  guna memudahkan mobilisasi ke berbagai destinasi wisata di nagari berpenduduk 6.479 jiwa itu

Nagari ini berada di ke­ting­gian 700 hingga 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di sini terdapat sebuah masjid berusia ratu­san tahun. Ada juga kuburan panjang Tantejo Gurhano, sejumlah rumah gadang, kolam air panas, prasasti dan banyak warisan Minang­kabau masa lalu. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]