Seribu Talempong Pacik Siap Pecahkan Rekor MURI


Kamis, 29 September 2016 - 02:12:06 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Penampilan seribu talempong pacik ikut ambil bagian  me­ngiringi lagu-lagu daerah pada acara pembukaan Festival Budaya Minangkabau yang akan digelar di Istano Basa Pagaruyung pada penghujung Oktober mendatang.

“Penampilan talempong pacik serta deretan kaum ibu dari anggota Bundo Kanduang membawa jamba dari semua wilayah nagari se-Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo itu akan meraih rekor MURI,” tutur Kadisparpora Marwan di Batusangkar, Senin (26/9).

Menurut Marwan, agenda daerah satu bulan ke depan yang bernilai strategis untuk ajang promosi pawirisata khu­susnya Tanah Datar. Mu­lai tanggal 21 sampai 23 Oktober juga akan digelar Gelanggang Silih Berganti (GSB) dengan penampilan para pesilat se-Luhak Nan Tuo di Gedung Serba Guna Lima Kaum.

Sementara Alek Pacu Kuda akan digelar di lapangan Dang Tuangku Bukit Gombak pada  23 dan 24 Oktober. Kemudian acara akan dilanjutkan pada 25 sampai 29 Oktober akan diisi beberapa kegiatan di tempat yang terpisah diantaranya Festi­val Pesona Budaya Minang­kabau (FPBM) di Istano Basa Pagaruyung, Pameran Budaya Nusantara (PBN) di Gedung Nasional serta kegiatan Pagaru­yung Expo di Lapangan Cin­dua Mato.

Sebagai puncak acara, Fes­tival Pesona Budaya Minang­kabau akan dipusatkan di Ista­no Basa Pagaruyung. Iven tersebut akan dihadiri oleh masing-masing utusan dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar, provinsi tetangga Riau dan Jambi serta dari negara tetang­ga Malaysia dan Singapura. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 11:32:02 WIB

    Seribuan KK di Lubuk Gadang Selatan Belum Mendapatkan BLT

    Seribuan KK di Lubuk Gadang Selatan Belum Mendapatkan BLT HARIANHALUAN.COM - Sekitar 1.000 Kepala Keluarga (KK) di Nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS) Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari berbagai skema yang ada. .
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:09:38 WIB
    AKHIR TAHUN TUNTAS

    Program Seribu Jamban Mulai Dikebut

    PASBAR, HALUAN — Pemerintah Pasaman Barat mulai mengejar target 2,5 bulan untuk mensukseskan seribu jamban dan sambungan listrik masyarakat miskin dalam anggaran 2016 ini. Untuk mencapai target tersebut, Pemda bekerja sama .
  • Rabu, 27 April 2016 - 02:55:09 WIB

    Seribu Keramba Danau Maninjau Mulai Dibongkar

    Seribu Keramba Danau Maninjau Mulai Dibongkar Agam, Haluan — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria bersama jajaran pemerintah di kecamatan dan masyarakat melakukan pembersihan dengan melakukan pembongkaran keramba Danau Maninjau, di wilayah kenagarian Koto, Nagari Ko.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]