DKP Sosialisasikan Cara Pengolahan Sampah


Kamis, 29 September 2016 - 02:14:02 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Sekitar 50 anggota kelompok Da­sawis­ma Kelurahan Kayu Kubu mengikuti sosialisasi pening­katan peran serta masyarakat dalam pengolahan sampah, di Aula Kantor Kelura­han se­tempat, Rabu (28/9).

Dalam kegiatan sosialisasi yang dise­lengg­arakan oleh Dinas Kebersihan dan Perta­manan (DKP) Kota Bukit­tinggi itu, para peserta juga diberikan pelatihan bagai­mana cara mengolah sampah untuk dijadikan kompos dan kreasi daur ulang. Sehingga sampah yang diolah itu bisa menjadi barang bernilai eko­no­mis. “Sosia­lisasi dan pelati­han yang kita laksanakan guna untuk merubah menset/pola pikir masyarakat dalam pengelolaan sampah,” kata Kepala DKP Supadria di­dam­pingi Kabid Pengolahan Sampah dan Sanitasi, Zul­helmi usai membuka kegiatan tersebut.

Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan itu ujar Supad­ria, yakni untuk mengurangi volume sampah di Kota ini yang dimulai dari rumah tangga sekaligus memberikan nilai tambah terhadap sam­pah.

Melalui sosialisasi dan pelatihan yang diberikan, diharapkan setelah pelatihan peserta dan masyarakat bisa meman­faatkan sampah-sam­pah yang ada dirumah tangga untuk diolah menjadi kompos ataupun barang beharga dan pernak pernik lainnya. “Ja­ngan Tempat Pembungan Sampah (TPS) yang dipikir­kan oleh ma­syarakat, tapi bagaimana sampah rumah tangga tersebut bisa diolah pada waktu senggang. Karna TPS itu hanya me­nampung sampah sampah yang sudah tidak bisa lagi diolah,” ung­kap Supadria.

Menurutnya, untuk me­ngu­rangi volu­me sampah sekaligus untuk mewujudkan Bukittinggi yang bersih, DKP terus meng­giatkan sosia­lisisasi dan pelatihan pela­tihan pemanfaatan sampah  bagi seluruh masya­rakat. Dan Kegiatan tersebut selalu dila­ku­kan setiap tahunnya pada 24 kelurahan yang tersebar di 3 kecamatan yang ada di Bukittinggi. “Alhamdulillah, sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pe­ngo­lahan sampah telah kita laksanakan pada 21 kelu­rahan, tinggal lagi 3 kelura­han yang belum dilaksana­kan. Bagi kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan ini akan dilakukan  evaluasi,” terang Supadria. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 17:13:08 WIB

    Posko Penanggulangan Korona Terima Bantuan APD dari BPBD Sumbar dan DKP3 Sawahlunto

    Posko Penanggulangan Korona Terima Bantuan APD dari BPBD Sumbar dan DKP3 Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Bantuan 50 PCS alat pelindung diri (APD) dari BPBD Provinsi Sumatra Barat diterima oleh Posko pengaggulangan Covid-19 satuan gugus tugas Sawahlunto, Jumat 27 Maret 2020. Di saat bersamaan posko.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 14:55:59 WIB

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani  Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto dorong petani kakao di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, untuk menerapkan pola tumpang sari dengan menanam.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:47:38 WIB

    DKP Fokus Kembangkan Ikan Hias

    PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kota pariaman antusias kembangkan 5 jenis ikan hias sebagai komoditi percontohan yang nantinya akan dikembangkan melalui pembudidaya ikan di kota ini..
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:16:46 WIB

    DKP Agam Serahkan 500.000 Bibit Ikan Pada Masyarakat

    Agam, Haluan — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Su­matera Barat, menyerahkan bibit ikan jenis nila sebanyak 500.000 ekor kepada ma­syarakat..
  • Kamis, 03 Maret 2016 - 02:57:54 WIB

    DKP Bukittingi Kekurangan Personil

    BUKITTINGI, HALUAN — Jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi melakukan pertemuan dan temu ramah dengan Walikota Bukittinggi dan Wakil Walikota Bukittinggi, Senin (29/2). Pertemuan itu diawali dengan m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]