WAWAKO TINJAU LAHAN UNTUK KANTOR DPRD

Pembangunan Jangan Memicu Sengketa


Kamis, 29 September 2016 - 02:17:41 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bu­kittinggi memastikan dalam proses pem­bangunan Gedung DPRD Kota Bukittinggi tidak akan ada satu pihak pun yang dirugikan. Termasuk warga yang tanahnya terpakai untuk rencana akses jalan ke Gedung dewan tersebut.

Demikian dikatakan oleh Wakil Walikota Bukittinggi H Irwandi ketika meninjau tanah dengan luas sekitar 8.200 m2 yang diperun­tukkan sebagai lahan pemba­ngunan gedung DPRD, di Gantiang Kelurahan Manggis Gantiang Kecamatan Madi­angin Koto Selayan (MKS), Senin (26/9).  “Untuk ren­cana pembangunan gedung Dewan, Pemko akan mela­kukan prinsip pembangunan berkeadilan. Artinya dalam proses pembangunannya, kita tidak menginginkan pihak pihak pihak yang dirugikan. Termasuk warga yang ta­nahnya terkena rencana akses jalan,” tegas Irwandi

Berdasarkan hasil Musya­warah Rencana Pem­bangu­nan (Musrenbang), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) pada April lalu, pembangunan gedung DPRD menjadi salah satu prioritas pembangunan di tahun 2017.  Sementara untuk Detail Engi­neering Design (DED) telah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016.

Dengan semakin de­kat­nya waktu untuk pengerjaan pembangunan, maka peme­rintah daerah perlu turun kelapangan untuk berko­monikasi dan membicarakan jalan terbaik bagi semua pihak terkaid dengan pem­bangunan gedung dewan ini.  “Peninjauan yang kita lakukan  untuk melihat secara pasti berapa luas tanah yang terkena akses jalan dan meng­konfirmasi tentang kepe­milikan tanah tersebut. Kita menargetkan permasalahan akses jalan segera dapat terselesaikan sehingga ren­cana pembangunan juga da­pat dimulai,” ujar Irwandi.

Dalam kegiatan peninja­uan itu, Irwandi juga menin­jau proses pengukuran tanah yang akan dibebaskan seba­gai akses jalan menuju kantor. Karena saat ini proses terse­but masih terus berlangsung dan dibicarakan dengan ma­sya­rakat pemilik tanah. Pem­bicaraan dilakukan agar dike­mudian hari tidak ada seng­keta yang muncul menyang­kut persoalan pembebasan lahan.

Dari hasil pertemuan de­ngan warga, terungkap bahwa warga pada dasarnya men­dukung pembangunan ge­dung DPRD di wilayah ter­sebut. Karena dengan adanya pembangunan itu, secara tidak langsung kawasan Gan­tiang akan semakin ramai dan sektor ekonomi juga akan turut menggeliat.

Namun demikian warga berharap kejelasan tentang tanah mereka yang masuk dalam rencana untuk akses jalan. “Jangan sampai kami dirugikan, karena beberapa bidang tanah yang terkena rencana jalan  masih berupa harato pusako tinggi,” ungkap salah seorang warga. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]