Pangkalan Militer Akan Dibangun di Pulau Terluar


Kamis, 29 September 2016 - 02:27:58 WIB

YOGYAKARTA, HALUAN — Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengung­kapkan pemerintah terus membangun pangkalan militer yang bisa digunakan oleh TNI Angkatan Darat, Angkatan laut, dan Angkatan Udara di pulau terluar Indonesia.

“Sudah saya sampaikan beberapa bulan lalu, kita sedang membangun pangkalan di pulau Natuna,” ujar Gatot seusai berziarah di makam Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yog­yakarta, Rabu (28/9).

Menurutnya, pembangunan pulau terluar merupakan kebijakan pemerintah untuk menjaga kedaulatan bangsa.  “Kebi­jakan pemerintah, pulau terluar dibangun pangkalan baik untuk angkatan darat, laut, maupun udara,” tuturnya.

Selain Natuna, kata Gatot, pemerintah juga membangun pangkalan militer di Morotai yang terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku, Biak, Papua, Pulau Saumlaki yang merupakan ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Merauke.  Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci sejauh mana proses pembangunan pangkalan militer tersebut. (h/okz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 16:20:49 WIB

    Ngeri! Roket Grad Muhajidin Hantam Pangkalan Militer Terbesar Rusia

    Ngeri! Roket Grad Muhajidin Hantam Pangkalan Militer Terbesar Rusia Perlawanan terhadap rezim Bashar Al-Assad di Suriah terus dilakukan oleh kelompok Mujahidin. Kali ini mereka melakukan serangan terhadap pangkalan militer terbesar milik Rusia di Hmeimim. Rusia menjadi sasaran kelompok jihadi.
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 11:49:45 WIB

    Pangkalan Militer akan Dibangun di Natuna, Selipkan Pesan buat Asing

    Pangkalan Militer akan Dibangun di Natuna, Selipkan Pesan buat Asing JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah berencana membangun pangkalan militer di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Natuna. Rencana tersebut menyelipkan pesan bagi negara asing, kalau Indonesia serius menjaga wilayahnya..
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 07:17:32 WIB

    Solusi Polemik Natuna-China, RI Tambah Kapal hingga Bikin Pangkalan Militer

    Solusi Polemik Natuna-China, RI Tambah Kapal hingga Bikin Pangkalan Militer JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia kekurangan kapal patroli di Perairan Natuna. Oleh sebab itu, tak heran kalau tahu-tahu ada kapal negara la.
  • Sabtu, 02 Juli 2016 - 01:42:17 WIB

    Anggaran untuk Pangkalan Militer Natuna Prioritas

    JAKARTA, HALUAN — Pem­bangunan pangkalan mili­ter di Natuna, Kepulauan Riau, menjadi prioritas pemerintah menyusul ketegangan yang terjadi di perairan kawasan itu antara Indonesia dengan China. Pemerintah RI segera “mem.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 06:13:40 WIB

    Natuna Akan Jadi Pangkalan Pertahanan Negara

    JAKARTA, HALUAN — Pre­siden Joko Widodo meng­adakan rapat terbatas mem­bahas soal Kepulauan Natuna dengan beberapa menteri pasca kunjungannya ke kawasan itu beberapa waktu lalu. Sekretaris Kabinet Pramono Anung me­ngata.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]