BNI Syariah Padang Sasar Nasabah Nonmuslim


Kamis, 29 September 2016 - 02:37:19 WIB
BNI Syariah Padang Sasar Nasabah Nonmuslim

PADANG, HALUAN — BNI Syariah Cabang Padang berencana menyasar nasabah nonmuslim di kota itu. Bank syariah plat merah tersebut akan mendatangi sekolah-sekolah nonmuslim dan menyambangi atau mengundang pemuka agama nonmuslim untuk memberikan edukasi dan menyosialisasi tentang perbankan syariah.

Hal itu dikatakan Kepala Cabang BNI Syariah Padang, Imam Samekto di Kantor BNI Syariah Padang, Jl. Belakang Olo No. 45, Rabu (28/9). Ia menjelaskan, pihaknya me­nya­sar pasar nonmuslim ka­rena bank syariah bukan hanya untuk orang Islam, tapi untuk semua penganut agama.

“Sesuai konsep Islam, bah­wa Islam adalah agama rah­matan lil alamin, rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, bank syariah bersifat universal. Produk yang ditawarkan perbankan syariah bertujuan lebih adil dan trans­pran, misalnya sistem bagi hasil itu.  Begitu pula di BNI Syariah. Kami memiliki ba­nyak produk yang bisa diman­faatkan oleh nasabah non­muslim, seperti pembiayaan griya, tahungan deposito, modal kerja, dan investasi,” ujar Imam. 

Rencana untuk menga­dakan edukasi dan sosialisasi kepada calon nasabah non­muslim itu, kata Imam, sudah lama ingin dilakukannya, yakni saat ia menjabat Kepala Cabang BNI Syariah Bukit­tinggi. Namun, hal itu belum sempat dilaksanakannya sam­pai ia pindah ke Padang me­mimpin BNI Syariah Padang.

Ia menyebutkan, produk bank syariah bagi nonmuslim tidak berkaitan atau ber­pe­ngaruh terhadap iman atau keyakinan nasabah. Se­men­tara untuk muslim, pro­duk bank syariah berhubungan dengan pahala karena produk­nya sesuai syariah.

Di BNI Syariah Padang, kata Imam, ada sejumlah nasabah nonmuslim meski jumlahnya jauh lebih sedikit daripada nasabah muslim. Pihaknya mengetahui agama nasabah tersebut dari KTP, bukan menanyakan langsung kepada nasabah tentang iden­titas agama.

“Waktu saya di Kelapa Gading, Jakarta, nasabah BNI Syariah di kantor di sana sama banyak antara nasabah mus­lim dan nonmuslim. Artinya, nasabah nonmuslim di sana sudah paham bahwa produk bank syariah bukan untuk muslim saja. Jadi, untuk di Sumatra Barat yang mayoritas penduduknya muslim, kalau nonmuslim banyak yang men­­­ja­di nasabah bank syariah, kenapa masih ada muslim yang belum ikut menjadi nasa­bah?” tanya Imam. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]