14 Medali Emas Pelepas Dahaga


Kamis, 29 September 2016 - 02:39:04 WIB
14 Medali Emas Pelepas Dahaga

BANDUNG, HALUAN — Rabu (28/9), sehari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX Jawa Barat, kontingen Sumatera Barat berhasil menambah tiga medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. Total Sumbar meraih 14 medali emas, 10 perak dan 20 perunggu. Penutupan sendiri akan dilakukan hari ini, Kamis (29/9) di Stadion GBLA Bandung.

Cabang tarung derajat ber­hasil menyumbangkan dua medali emas, melalui Hen­dika Ramadhoni di no­mor tarung kelas 55-58 kg pu­tra. Partai final yang dige­lar di GOR Pajajaran Hen­di­ka berhasil mengalahkan Su­hermansyah petarung Aceh dengan skor 3-0. “Kun­ci saya bisa meraih keme­na­nga­n dalah fokus pada per­tan­dingan dan berserah diri kepada tuhan. Apapun hasil pertandingan saya serahkan kepada tuhan,” ujar Hendika usai partai final.

Langkah Hendika me­raih medali emas diikuti oleh Welly Akbar yang turun di kelas 58-61 kg putra berhasil mengalahkan Su­drajat petarung dari Jawa Barat dengan skor 2-1. “Saya ya­kin dan bisa meraih me­da­li emas itulah kunci saya meraih medali emas ini,” ujar Welly.

Sementara itu pelatih tarung derajat Sumbar Jesmi Fitriaris mengatakan sangat mensyukuri dua medali emas yang diraih anak asuhnya. “Mereka berdua memang yang kami harapkan untuk mendulang medali. Kunci mereka berdua  bisa meraih medali emas adalah mereka mau mendengarkan arahan dari pelatih,” ungkap Jesmi.

Cabang kempo berhasil menyumbangkan satu me­dali emas dan satu medali perak.. Medali emas diper­sembahkan Nico yang turun di nomor randori kelas 65 kg putra setelah di babak final mengalahkan kensi dari Pa­pua Charly Matatar dengan skpr 5-0 di Gedung Sabuga ITB Bandung, Rabu (28/9).

Sedangkan medali pe­rak dihasilkan oleh Ari Praman­to yang turun di kelas 70 kg setelah kalah tipis dari kensi Maluku Muhamad Yamis di partau final. Dengan hasil ini pelatih kempo Sumbar Rudi Horizon mengaku sangat bangga  “Secara keseluruhan kempo berhasil meraih dua medali emas, satu medali perak dan satu medali pe­runggu. Hasil ini luar biasa. Sebab kempo hanya me­nargetkan meraih satu me­dali emas. Alhamdulilah, hasil ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, cabang gulat menyumbangkan satu medali perak diper­sem­bang­kan oleh Bismi Fornandes setelah kalah dari pegulat Jawa Timur di kelas 59 kg gaya grego. Medali perunggu dipersembahkan Hamdan melalui cabor atletik nomor maraton.

Plt Ketua KONI Sumbar Syaiful mengatakan sangat mensyukuri pencapaian ini. Syaiful mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kon­ti­ngen Sumbar selama perge­laran PON. “Para atlet dan pelatih yang merupakan patriot olahraga Sumatera Barat sudah berjuang de­ngan maksimal,” ujar Syai­ful, Rabu (28/9).

Para peraih medali akan mendapatkan bonus dari pemerintah sebagai bengtuk apresiasi. Untuk satu medali emas Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp25 juta. Menurut Kadis­pora Sumbar Priyadi Syukur bonus peraih medali terse­but akan cair dalam tahun ini. “Bonus tersebut akan kami anggarkan dalam AP­BD perubahan. Cairnya bo­nus tersebut tentu setelah APBD Perubahan tersebut di sahkan. Namun kapannya belum pasti. Namun yang jelas dalam tahun ini,” tutur Priyadi.

Priyadi juga memuji ca­pain medali Sumbar. “Hal ini ti­dak terlepas dari keber­ha­silan Plt KONI Sumbar yang menjalankan roda or­ga­nisasi dengan transparan dan ter­buka,”ungkapnya. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:43:33 WIB

    Miliki Kekayaan Rp14 T, Ini Sumber Pendapatan Cristiano Ronaldo

    Miliki Kekayaan Rp14 T, Ini Sumber Pendapatan Cristiano Ronaldo HARIANHALUAN.COM -- Cristiano Ronaldo suskes melewati pencapaian Lionel Messi sekaligus jadi pesepak bola pertama yang berpenghasilan menembus angka 1 miliar dolar Amerika Serikat (Rp 14 triliun)..
  • Rabu, 04 Desember 2019 - 21:55:26 WIB

    Hebat! Ganyang Malaysia 1-3, Indonesia Sikat Emas Ke-14 Bulu Tangkis SEA Games

    Hebat! Ganyang Malaysia 1-3, Indonesia Sikat Emas Ke-14 Bulu Tangkis SEA Games  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Medali emas kembali  diraih tim beregu bulu tangkis putra Indonesia di SEA Games 2019, setelah mengganyang Malaysia 3-1 di babak final, Rabu (4/12)..
  • Jumat, 27 April 2018 - 13:36:27 WIB

    144 Peserta Ikut Kejuaraan Golf Ikafe Unand

    144 Peserta Ikut Kejuaraan Golf Ikafe Unand PADANG, HALUAN – 144 peserta akan mengikuti Entrepreneur Golf Tournament III 2018 yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Universitas Andalas (Unand) dan Persatuan Golf Ekonomi Andalas (PGEA) di.
  • Kamis, 20 April 2017 - 13:56:19 WIB

    14 Wasit dan AW Sumbar Pimpin Liga 1 dan 2

    PADANG, HALUAN—Sebanyak 14 orang wasit dan asisten wasit (AW) asal Sumatera Barat akan memimpin pertandingan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia. Hal ini disampaikan oleh komite wasit Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat .
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:49:55 WIB
    PIALA KONI-SIWO PWI DI JAKARTA

    Tim PSP U-14 Lolos ke Semifinal

    Tim PSP U-14 Lolos ke Semifinal PADANG, HALUAN — Tim PSP Pa­dang U-14 yang bertarung di ajang Piala KONI-SIWO PWI Pu­sat melenggang ke babak se­mi­fi­nal setelah mengalahkan tim asal Banten, Akademi Surya Bak­ti Ci­legon. Anak asuh Herry Sya­rif i.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]