UBH Miliki Labor Bahasa Jepang dan Studio Sulih Suara


Kamis, 29 September 2016 - 02:43:58 WIB
UBH Miliki Labor Bahasa Jepang dan Studio Sulih Suara KONJEN Jepang Hirofumi Morikawa mencoba headset dan didampingi Walikota Padang Mahyeldi, dan Rektor UBH Prof Niki Lukviarman di labor bahasa dan studio Kampus 2 UBH, Aia Pacah, Padang, Rabu (28/9). (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN —Melatih percakapan bahasa Jepang diperlukan latihan dan kreatifitas dalam mem­pela­jarinya. Bahkan untuk maha­siswa program studi Sastra Jepang juga diperlukan sa­ra­na dan prasarana yang mem­punyai teknologi terbaru.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor lll Univeritas Bung Hatta (UBH) Diana Kartika saat acara peresmian Laboratorium dan Studio Sulih Suara di Kampus 2 UBH, Aia Pacah, Padang, Rabu (28/9).

Menurutnya, sebagai Ju­rusan Sastra Jepang tertua di Sumbar mahasiswanya di­tun­tut mempunyai kreatifitas. Dalam menampung ke­mam­puan dan kreatifitas maha­siswa tersebut UBH bekerja­sama dengan Jepang menye­dia­kan laboratorium bahasa Jepang dan studio sulih suara.

“Kami bersyukur Jepang melalui konjennya yang di Medan membantu UBH khu­sus­nya untuk mahasiswa be­ru­pa studio dan labor yang ber­­teknologi tinggi,” terangnya.

Ia menyampiakan, kerja sama UBH dengan Jepang sudang berjalan selama 10 tahun. Bahkan mahasiswa Sastra Jepang banyak yang bekerja di Negeri Sakura tersebut.

“Setiap tahun kami mem­bawa mahasiswa ke Jepang. Nah, adanya studio ini se­bagai bentuk kerja sama dalam meningkatkan ke­mam­puan mahasiswa dalam percakapan bahasa Jepang, penerjamahan, bahkan bisa sebagai dubber (pengisi sua­ra) film animasi Jepang,” paparnya.

Sementara, Konjen Je­pang Hirofumi Morikawa mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa berada di Padang. Kedatangannya un­tuk kedua kalinya ke Kota Padang cukup berkesan. Ap­a­lagi saat ini minat warga Sumatera Barat untuk belajar bahasa Jepang cukup tinggi.

“Berdasarkan survei pada 2012 lalu, sebanyak 52 ribu siswa SMA/SMK di Su­ma­tera Barat berminat belajar bahasa Jepang,” tuturnya.

Hirofumi Morikawa ber­harap dengan bantuan labo­ratorium yang diberikan akan membantu mencukupi ke­bu­tuhan belajar bahasa Jepang di UBH dan Sumatera Barat, khususnya.  Menurutnya, untuk mencukupi kebutuhan itu, sejumlah fasilitasi di laboratorium tersebut telah disediakan dengan baik.

“Total bantuan ini sebesar Rp 630 juta,” terangnya.

Walikota Padang Mah­yeldi yang ikut meresmikan labir tersebut menyampaikan, hubungan antara Jepang de­ngan Indonesia terutama di dunia pendidikan sangat penting. Karena menurutnya Jepang dalam teknologi in­for­masi jauh lebih maju.

“Perlu belajar banyak dengan Jepang. Contohnya saja struktur atau bangunan peninggalan Jepang di Pa­dang sampai saat ini masih bertahan ,” sebut Mahyeldi.

Orang nomor satu di Padang ini juga men­yam­paikan, kerja sama Jepang dengan UBH juga diharapkan akan berlanjut dengan kerja sama antara Jepang dengan Pemerintah Kota Padang.

“Kerja sama ini kita ha­rap­­kan juga akan menguat­kan hubungan antar kedua pemerintah,” harap Mah­yeldi. (h/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.
  • Senin, 23 Oktober 2017 - 01:47:51 WIB

    UBH Adakan Sosialisasi dan Seminar PKM 5

    UBH Adakan Sosialisasi dan Seminar PKM 5 PADANG, HALUAN--Universitas Bung Hatta (UBH) terus memacu mahasiswanya untuk aktif dalam berbagai aktivitas baik bersifat kegiatan akademik maupun non-akademik untuk mendukung kemampuan hardskill dan softskill mahasiswa..
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:44:31 WIB

    UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia

    PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dar.
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:01:54 WIB

    UBH Adakan Monev Internal Hibah Dikti

    UBH Adakan Monev Internal Hibah Dikti PADANG, HALUAN— Lem­baga Penelitian dan Pengabdian kepada Ma­sya­rakat (LPPM) Universitas Bung Hatta me­ngadakan Monitoring dan Eva­lu­asi (Monev) Internal Hibah Penelitian Kemenristekdikti di Ruang sidang Rektor Gedu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]